Binteknis 1 hari : Optimalisasi Peran Bhabinkamtibmas Wujudkan Kondusifitas Lingkungan Jelang Pilkada - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Kamis, 02 Mei 2024

Binteknis 1 hari : Optimalisasi Peran Bhabinkamtibmas Wujudkan Kondusifitas Lingkungan Jelang Pilkada



Dasar Pemikiran

Berdasarkan pada data KPU, ada 37 provinsi dan 508 kabupaten/kota yang akan melaksanakan pilkada serentak tahun 2024, dan pemungutan suara rencananya akan dilaksanakan pada 27 November 2024. Semua tentu berharap agar penyelenggaraan pilkada nanti berjalan dengan lancar, tertib dan aman, sebagaimana berjalannya penyelenggaraan pilpres dan pileg yang kondusif. Namun, kondusifitas lingkungan bukan sesuatu yang bersifat ‘hadiah’, melainkan sebuah hasil dari ‘ikhtiar maksimal’ yang dilakukan oleh seluruh pengemban fungsi yang terkait. Tidak terkecuali peran Bhabinkamtibmas (Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) sebagai petugas Polri yang bertugas di tingkat desa hingga kelurahan yang memiliki wewenang yakni untuk mengemban fungsi Pre-emtif dengan cara bermitra dengan masyarakat.


Pada dasarnya, tugas bhabinkamtibmas  sudah diatur di dalam Pasal 27 Peraturan Kapolri No. 3 Tahun 2015, seperti melakukan dan juga membantu pemecahan sebuah masalah yang terjadi di wilayah tugasnya, menerima informasi mengenai terjadinya tindak pidana, memberikan bimbingan serta petunjuk pada masyarakat ataupun komunitas yang berhubungan dengan permasalahan Kamtibmas dan juga Pelayanan Polri, dan lainnya. Sedangkan fungsinya diatur di dalam Pasal 26 Peraturan Kapolri No. 3 Tahun 2015, yaitu menyebarluaskan berbagai informasi mengenai kebijakan pimpinan Polri yang berhubungan dengan Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat, mendorong adanya pelaksanaan siskamling dalam pengamanan lingkungan serta kegiatan masyarakat, memberikan pelayanan kepolisian kepada masyarakat yang membutuhkan, dan sebagainya.


Untuk itu, pembekalan teknis yang terkait dengan optimalisasi fungsi dan peran Bhabinkamtibmas dalam mewujudkan kondusifitas keamanan di lingkungan binaannya masing – masing menjadi sangat penting sekali. Sekaligus bisa dijadikan referensi dalam melaksanakan tugas pengamanan pilkada serentak 2024 agar berjalan dengan lancar, tertib dan aman. 


*Tujuan*

Pembinaan teknis ini dilakasanakan dengan tujuan sebagai upaya peningkatan kompetensi personil bhabinkamtibmas, dan sekaligus untuk membekali seluruh peserta dalam perencanaan operasi pembinaan lingkungan yang lebih terarah dalam melaksanakan tugas pengamanan pilkada serentak 2024.


*Subjek Pembahasan*

- Analisis Strategis Posisi Bhabinkamtibmas Dalam Pembinaan Lingkungan

- Optimalisasi Peran dan Fungsi

a. Pembinaan Keamanan Lingkungan 

b. Peningkatan Peran Serta Masyarakat  

c. Sosialisasi Program Pimpinan

d. Menjaga Kedekatan Polri dengan Masyarakat

e. Responsip Dengan Permasalahan Sosial di Masyarakat


- Pengembangan Kompetensi dan Karakter

a. Keterampilan Pembinaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat

b. Keterampilan Komunikasi Deskriptif dan Persuasif

c. Penanganan Situasi Khusus (Tindakan Cepat dan Tepat)


- Pemetaan Potensi Kerawanan Lingkungan

a. Profiling Orang dan Organisasi

b. Klustering dan Strategi Penetrasi

c. Pemilihan Tema dan Program

d. Pembinaan dan Penggalangan

e. Evaluasi, Monitoring dan Sistem Pelaporan

- Koordinasi & Kerjasa Antar Instansi


*Informasi lebih lanjut bisa menghubungi :*

- Ibu Ria : 0813 9555 2289

- Ibu Ines : 0813 2498 5928

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman