Kodim 0713 Brebes Gelar Donor Darah - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Sabtu, 01 Oktober 2016

Kodim 0713 Brebes Gelar Donor Darah


Kegiatan Donor Darah Di Kodim 0713 Brebes
Bregasnews.com - Dalam rangka memperingati HUT  TNI ke-71 dan HUT  ke-66 Kodam IV/Diponegoro  jajaran Kodim 0713/Brebes mengadakan bhakti sosial berupa donor darah. Kegiatan ini bekerjasama dengan PMI Kab. Brebes Donor darah berlangsung di Aula Makodim, Kamis, 29 September 2016.

Pasiops Dim 0713/Brebes Kapten Inf Wajirin memimpin langsung kegiatan tersebut. Dikatakannya, sebanyak 74 kantong darah yang bisa diambil, donor darah melibatkan personil Kodim 0713/Brebes, Persit KCK Cab XXIII, Minvetcad Brebes, Subdenpom Brebes, Polri, FKPPI,  UPTD, Banser, Linmas, dari siswa- siswi SMU di Kab. Brebes dan Masyarakat umum. diharapan dengan diselenggarakan kegiatan donor darah ini dapat membantu segala kesulitan Masyarakat khususnya di  Kabupaten Brebes.

Sebelum melakukan donor darah, pendonor terlebih dahulu akan diperiksa kondisi kesehatannya, golongan darahnya, diukur tensi darahnya dan termasuk masa lamanya pendonor untuk mendonorkan kembali. Hal ini dilakukan guna menjaga kesehatan pendonor dan mencegah resiko penularan penyakit kepada penerima darah nantinya. Dandim 0713/Brebes Letkol Inf Efdal Nazra, S.I.P., yang diwakili Pasiops Dim 0713/Brebes Kapten Inf Wajirin mengatakan kegiatan ini merupakan suatu bentuk kepedulian terhadap kemanusiaan bagi sesama dimana kita mampu untuk mendonorkan darah bagi siapapun yang nantinya membutuhkan.
 
Beberapa manfaat dari donor darah antara lain menjaga kesehatan jantung
Tingginya kadar zat besi dalam darah akan membuat seseorang menjadi lebih rentan terhadap penyakit jantung. Zat besi yang berlebihan di dalam darah bisa menyebabkan oksidasi kolesterol. Produk oksidasi tersebut akan menumpuk pada dinding arteri dan ini sama dengan memperbesar peluang terkena serangan jantung dan stroke. Saat kita rutin mendonorkan darah maka jumlah zat besi dalam darah bisa lebih stabil. Ini artinya menurunkan risiko penyakit jantung.Membantu penurunan berat tubuh Menjadi donor darah adalah salah satu metode diet dan pembakaran kalori yang ampuh. Sebab dengan memberikan sekitar 450 ml darah, akan membantu proses pembakaran kalori kira-kira 650. Itu adalah jumlah kalori yang banyak untuk membuat pinggang kita ramping.Mendeteksi penyakit serius Setiap kali kita ingin mendonorkan darah, prosedur standarnya adalah darah kita akan diperiksa dari berbagai macam penyakit seperti HIV, hepatitis B, hepatitis C, sifilis, dan malaria. Bagi yang menerima donor darah, ini adalah informasi penting untuk mengantisipasi penularan penyakit melalui transfusi darah. Sedangkan untuk kita, ini adalah “rambu peringatan” yang baik agar kita lebih perhatian terhadap kondisi kesehatan kita sendiri.

Kegiatan Donor Darah pada HUT TNI ke-71 dan HUT Ke-66 Kodam IV/Diponegoro tahun 2016 merupakan  wujud kepedulian TNI khususnya Prajurit Kodim 0713/Brebes terhadap sesama yang membutuhkan darah, terutama di wilayah Kab. Brebes yang kian hari kebutuhan darah semakin meningkat.(tris)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman