Kuliah Umum Prof. Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono Dengan Tema Indonesia Abad 21 Dalam Tatanan Global - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Senin, 26 September 2016

Kuliah Umum Prof. Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono Dengan Tema Indonesia Abad 21 Dalam Tatanan Global




Bregasnews.com – Bertempat di Universitas Peradaban Bumiayu Jl.Raya Pagojengan KM 3 Kec. Paguyangan Kab. Brebes telah dilaksanakan Kuliah Umum Prof. Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono dengan tema “ Indonesia Abad 21 Dalam Tatanan Global” yang dihadiri sekitar 1000 mahasisa dan mahasiswi. Senin 26 September 2016 pagi.

Sambutan Ketua dewan penyantun Univ. Peradaban Prof. Dr. Makarim Wibisono menyampaikan pada hari ini di Universitas Peradaban Bumiayu mendapatkan kehormatan untuk mendengarkan paparan Prof. Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono dengan tema "Indonesia abad 21 dalam tatanan global", isu ini sangatlah penting untuk menciptakan generasi yang lebih baik.

“Yang mana pada era ini Geoekonomic  tidak dapat berjalan seiring dengan Geopolitik yang mana hal tersebut dapat menimbulkan beberapa Konflik global yaitu Sistem pengelolaan Global tidak dapat berjalan dengan baik.”ungkapnya.

Menurut Makarim tantangan ini bukan suatu hal yang di hindari, akan tetapi harus di hadapi dengan cara meningkatkan pemahaman dan kualitas hidup generasi kedepan.

Ketua dewan pembina yayasan Prof. Dr. Yahaya A. Muhaemin. Dalam sambutannya menyampaikan Mudah mudahan acara Kuliah Umum Prof. Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono ini dapat berjalan dengan baik. 

“Sebagaimana dalam tatanan kehidupan yang luas pasti mengalami dinamika, dinamika tersebut dapat berupa Konflik internal maupun konflik External, yang mana hal tersebut di picu kerena ada perbedaan/perselisihan di bidang perekonomian dan Politik.”ucap . Yahaya A. Muhaemin.

Mudah mudahan, masih kata Yahaya dengan diselenggarakan kegiatan ini  bisa mempengaruhi kehidupan khususnya di wilayah ini sendiri.

Kuliah Umum Prof. Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono dengan tema Indonesia abad 21 dalam tatanan global antara lain: Perkembangan dunia dan Indonesia, tentunya ada perubahan dan perkembangan tentunya mempunyai dampak, baik Positif maupun negatif, hat tersebut merupakan misi tanggung jawab untuk memperkuat dan mendorong kemajuan untuk kemaslahatan bersama di dalam kelompoknya masing masing. 

Oleh sebab itu, menurut SBY para mahasiswa sekalian harus memahami megatrends di dunia mulai dari segi demografi, Tehnologi, Urbanisasi, Globalisasi, Geopolitic dan Geoekonomi.

Adapun isu-isu besar dewasa ini kata SBY: 1) Perdamaian dan keamanan dunia. 2) Ekonomi dan tata perekonomian Global. 3) Perubahan Iklim dan pembangunan berkelanjut.

Dikatakan SBY Major Word Affairs meliputi Migran Crisis, Isis, Peningkatan Aksi teror di dunia barat, Nuklir korea Utara, Brexit, Pilpres amerika Serikat dan Pemilihan sekjen PBB yang mana beberapa poin tersebut dapat mempengaruhi perkembangan dunia.

Kepentingan Indonesia dalam tatanan global menurut SBY meliputi: 1) Kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI terjaga. 2) Ekonomi Nasiaonal kuat dan terus tumbuh disertai terjanganya lingkungan, keadilan dan meningkatnya kesejahteraan rakyat. 3) Stabilitas politik, kehidupan demokrasi dan keamanan Nasional terjaga baik. 4) Asean tumbuh baik atas dasar 3 Pilar masyarakat Asean yang membawa manfaaf bagi Indonesia. 5) Indonesia bisa berperan secara aktif-kontributif di Forum internasional.

Kata SBY Indonesia Menuju tahun 2045 untuk menjadi bangsa yang besar mari kita harus bercita cita besar dan dan berkarya besar.

Masih kata SBY peluang dan tantangan untuk Indonesia maju di Abad 21, harapan untuk Universitas Peradaban jadilah Universitas Pendidikan terbaik di Indonesia dan kembangkan Culture Of Excellence.


Acara dilanjutkan dengan kegiatan peletakan Batu Pertama Pembangunan Masjid di Universitas Peradaban Bumiayu.(Tris)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman