Pengurus GNPK-RI Kabupaten Brebes Dilantik - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Kamis, 08 September 2016

Pengurus GNPK-RI Kabupaten Brebes Dilantik


Bregasnews.com – Gerakan Nasional Pencegahan Korupsi (GNPK-RI) Kabupaten Brebes bertempat di pendopo kabupaten Brebes Rabu (25/05/2016) dilantik.

Dalam kesempatan tersebut Ketua GNPK- RI untuk Kabupaten Brebes terpilih Bambang Sumitro,SH dalam sambutannya mengatakan, tugas pokok dari GNPK-RI adalah melakukan pencegahan terhadap tindak pidana korupsi.

Menurutnya akibat kasus korupsi secara nasional Negara telah dirugikan ribuan triliun. Dan ini menurut Bambang adalah angka sangat besar sekali.

“Jika dana ribuan triliun itu digunakan untuk kesejahteraan rakyat, maka rakyat bisa memenuhi kebutuhan kesehatan dan pendidikan secara gratis tanpa dipungut biaya. Dan jika dana yang dikorupsi tersebut dibagikan kepada rakyat maka seluruh rakyat Indonesia yang berjumlah 250 jutaan bisa mendapatkan beras secara gratis perhari 2.5 kg. korupsi adalah bentuk kejahatan yang telah membuat rakyat menderita dan telah membuat bangsa Indonesia semakin terpuruk” terang Bambang dalam sambutannya.

Lebih lanjut bambang mengatakan, GNPK-RI diharapkan bisa menjadi mitra pemerintah yang independent yang bisa melakukan pengawasan dan monitoring terhadap jalnnya pemerintah.
 
“Mari kita melakukan upaya pencegahan korupsi sejak dini, awasi dan monitoring program pemerintah yang ada agar bisa dilaksakanakan sesuai dengan aturan yang berlaku dan agar anggaran baik yang dari APBN, APBD I dan APBD II tidak hilang karena dikorupsi” tegas Bambang.

Dikatakan Bambang dalam kinerjanya GNPK-RI harus mengedepan azaz praduga tak bersalah dan tetap menjalankan kode etik yang ada dalam GNPK-RI.

“Kalau ada permasalahan atau informasi terkait adanya korupsi, maka kita harus mengklarifikasi dan kita cegah agar tidak melakukan korupsi, dan apabila sudah kita klarifikasi dan kita peringati maka kita perlu memberantanya dengan melaporkan lebih lanjut kepada pihak yang berwenang dal;am hal ini aparatur hokum baik kepolisian, kejaksaan, ataupun kepada lembaga raswah yaitu Komisi Pemberantasan Korupsi “ jelasnya.

Dalam kesempatam tersebut Ketua GNPK-RI Provinsi Jawa Tengah Muhlisin mengatakan, tugas pokok fungssi GNPK-RI adalah melakukan pengawasan terhadap kinerja pemerintah dalam melaksanakan pelayanan terhadap masyarakat dan pengawasan tehadap program- program pembangunan.

Sementara ketua GNPK-RI Pusat H. M. Basri Budi Utomo,AS,Sip. Dalam sambutannya mengatakan, tugas pencegahan korupsi adalah tugas semua elemen bangsa dari sabang sampai merauke. Tugas masyarakat adalah mencegah dan untuk pembrantasan sendiri menurutnya diserahkan semuanya sama aparat hukum atau pihak yang berwenang. Kepengurusan GNPK-RI sendiri menurutntya sudah terbentuk di 34 Provinsi di seluruh Indonesia, dan untuk Kepengurusan Kabupaten dan Kota sudah ada sekitar 200an Kabupaten dan Kota yang tersebar di Indonesia.

“Semenjak berdirinya GNPK-RI pas di Hari Anti Korupsi 9 Desember 2009 yang lalu sampai saat ini Alhamdulillah GNPK-RI sudah terbentuk di 34 Provinsi dan ditingkat kabupaten dan kota sudah ada sekitar 200an kepengurusan yang tersebar di seluruh kabupaten dan Kota di seluruh Indonesia” terang Basri.

Menyinggung soal kasus korupsi di Kabupaten Brebes sendiri menurutnya. GNPK-RI akan menginventarisis kasus-kasus korupsi yang ada di kabupaten Brebes, baik yang belum ditangani oleh pihak yang berwenang ataupun yang belum,ataupun kasus korupsi yang selama ini mandeg tanpa kabar yang jelas kelanjutannya.

Dalam sambutannya Bupati Brebes Hj.Idza Priyanti,SE. menyambut baik dengan terbentuknya kepengurusan GNPK-RI Kabupaten Brebes. Bupati berharap dengan terbentuknya GNPK-RI di Kabupaten Brebes, GNPK-RI nantinya bisa menjadi mitra independent yang baik bagi pemerintahan kabupaten Brebes dan bisa bekerjasama untuk mewujudkan kepemerintahan yang bersih dari KKN.

“Dalam internal birokasi sendiri untuk kepengawasan kepemerintahan sudah ada Inspektorat dan BPKP.Dan dengan terbentuknya Ormas GNPK-RI sebagai mitra independent dalam kepengawasam apratur Negara dan program penerintah diharapkan Brebes akan lebih baik lagi”ujar Bupati.(Johan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman