Merekatkan Kembali Antar Umat Beragama, Kodim 0713/Brebes Gelar Komsos Bersama Anak Bangsa - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Jumat, 18 November 2016

Merekatkan Kembali Antar Umat Beragama, Kodim 0713/Brebes Gelar Komsos Bersama Anak Bangsa


Bregasnews.com - Kodim 0713/Brebes menggelar Komsos Bersama Anak Bangsa sebagai ajang silaturahmi serta untuk merekatkan kembali antar umat beragama di wilayah Kodim 0713/Brebes dalam rangka menjaga persatuan dan kesatuan bangsa yang pada saat ini mendapat ujian kembali tentang masalah SARA,  bertempat di Aula Makodim 0713/Brebes yang di hadiri sekitar 50 orang perwakilan dari masing-masing komponen agama. Jum'at (18/11/2016). 

Hadir dalam kegiatan tersebut Dandim 0713/Brebes Letkol Inf Efdal Nazra, S.I.P, Asisten I Kab. Brebes Athoilah, SE yang mewakili Bupati Brebes, Perwakilan FKUB Kab. Brebes Agus Suratno, Ketua Muhammadiyah Ma'ruf, Ketua FKPPI Kab. Brebes H. Prasetyo Wibowo, SE, Perwakilan KNPI Kab. Brebes, Perwakilan Banser Kab. Brebes, Perwakilan masing-masing tokoh agama (Islam, Kristen, Hindu, Budha, Konghucu) yang ada di Kab. Brebes serta Kesbangpol Kab. Brebes Subur. 

Dalam sambutannya Asisten I Kab. Brebes Athoilah, SE menyampaikan Pemerintah Daerah mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini, semua persoalan baik yang kecil ataupun besar yang manakala bisa menimbulkan gejolak bisa di selesaikan dengan cara yang salah satunya melaui kegiatan komsos. 

Menurutnya, langkah-langkah yang kita harus lakukan agar kondusifitas, wilayah bisa stabil dan terjaga tidak ada lain yaitu kita harus melaksanakan komsos antar sesama umat yang ada di wilayah kita. Dengan kegiatan ini Ia menghimbau agar masyarakat  Kab. Brebes  tidak mudah terprovokasi setiap ada gejolak di kota kota besar seperti contoh aksi damai pada tanggal 4 November lalu. 

“Bapak-bapak di sini, merupakan perwakilan dari lapisan lapisan masyarakat Kab.brebes yang berjumlah sekitar 2 juta orang, maka dari itu agar bapak-bapak bisa memberikan suri tauladan yang baik kepada masyarakat yang ada di Kab. Brebes sehingga Kab. Brebes aman serta kondusif.”ajaknya.

Nasib bangsa kita, lanjutnya, kedepan tergantung dari moralitas/integritas perorangan maka dari itu kita perlu kebersamaan untuk menjaga keutuhan bangsa. Keamanan negara bukan hanya tanggung jawab TNI dan Polri saja sebagai aparat penegak hukum, tetapi kita semua disini juga harus ikut menjaga dan mendukungnya sehingga terciptanya kondusifitas wilayah.”ungkapnya.

Sementara itu, dalam penyampaian materi yang disampaikan Dandim 0713/Brebes dengan tema "Mari Kita Berjuang dan Bergotong Royong Mewujudkan Indonesia Sebagai Bangsa Pemenang", Dandim Menekankan supaya jangan sampai terprovokasi oleh semua kegiatan yang memancing perpecahan SARA dan NKRI, serta dalam memecahkan setiap permasalahan SARA harus dilakukan dengan komunikasi sosial antar seluruh komponen agama untuk mencapai mufakat sehingga usaha-usaha yang ingin menghancurkan NKRI dengan politik adu domba dapat diminimalisir dengan komunikasi sosial tersebut. 

Ia mengibaratkan sebuah “ Lidi “, jika satu lidi terpisah dari yang lain maka lidi tersebut akan mudah dihancurkan, akan tetapi jika lidi tersebut tergabung menjadi satu (Sapu) pasti akan susah dihancurkan dan dapat menyapu seluruh kotoran/sampah, demikian Ia mencontohkan agar tujuan komsos ini dapat dicerna dan diamalkan oleh peserta dengan mudah.(Tris)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman