Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi Tahun 2016 Di Polres Brebes - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Jumat, 23 Desember 2016

Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi Tahun 2016 Di Polres Brebes


Bregasnews.com – Polres Brebes selenggarakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi Tahun 2016 atas instruksi dari Kapolri dalam rangka pengamanan Libur Natal 2016 Dan Tahun Baru 2017. Kamis 22 Desember 2016.

Bertindak sebagai Pimpinan Apel adalah Kombes Heru Koco Dirlantas Polda Jateng, bertempat di Lapangan Apel Mapolres Brebes dengan melibatkan kurang lebih 500 orang

Hadir dalam kegiatan apel ini antara lain Dirlantas Polda Jateng Kombes Heru Koco, Plt Bupati Brebes yang diwakili Kadinkes Brebes dr. Sri Gunardi, M.Kes, Dandim 0713/Brebes Letkol Inf Ahmad Hadi Hariono, Kapolres Brebes AKBP Lutfie Sulitiyawan, SH, SIK, MH, Kadishub Kominfo Brebes yang diwakili Luki, SH, Dansub Denpom IV/1-4 Brebes Lettu Cpm Asep Sukma dan Perwakilan Ormas Sekab. Brebes, serta para tamu undangan lainnya.

Untuk susunan pejabat apel adalah sebagai Pimpinan Apel adalah Kapolres Brebes AKBP Luthfie Sulistiawan SIK, MH, MSi, Perwira Apel adalah Dirlantas Polda Jateng, Komandan Apel Kasat Lantas Polres Brebes AKP Arfan Zulkan Sipayung, SH, SIK, sedangkan untuk Perwira Apel adalah Kabag Ops Polres Brebes AKP Supriyadi, SH. 

Untuk Susunan Pasukan Apel terdiri dari 1 SST Perwira Polres Brebes, Kompi 1 (terdiri dari 1 SST Subdenpom IV/1-4 Brebes, 1 SST Kodim 0713/Brebes, 1 SST Sat Sabhara Polres Brebes, 1 SST Gab. Sek Pantura dan Tibcar Lantas), Kompi II (1 SST Gab. Sek Tengah, 1 SST Tibcar Lantas, 1 SST Gab. Bhabinkamtibmas), Kompi III (1 SST Gab. Reskrim dan Intelkam Polres Brebes, 1 SST Gab. Polsek Selatan, 1 SST Gab. Staf Polres Brebes, dan 1 SST PNS Polres Brebes), Kompi IV (1 SST Dishubkominfo Kab. Brebes, 1 SST Satpol PP Kab. Brebes, 1 SST Dinkes Kab. Brebes, 1 SST Linmas/Kokam Kab. Brebes, 1 SST Banser, 1 SST Senkom Mitra Polri).

Sambutan Kapolri yang dibacakan oleh Dirlantas Polda Jateng adalah Operasi Lilin Candi 2016 ini dilaksanakan secara serentak oleh jajaran Polri yang bertujuan guna mengetahui sekaligus pengecekan kesiapan akhir (Polres Brebes) dalam kegiatan pengamanan Libur Natal 2016 dan Tahun Baru 2017 baik secara aspek personal, sarana prasana serta anggaran maupun kesiapan instansi pendukung lainnya.

Dalam perkembangan situasi sekarang ini, yang menurutnya masih di warnai oleh adanya aksi teror, konflik SARA yang berkepanjangan dan trend ekonomi yang melanda dunia sehingga kondisi tersebut secara langsung ataupun tidak mempengaruhi situasi keamanan dalam Negeri. Aksi teror sebagian kecil di beberapa daerah berhasil digagalkan oleh Aparat Keamanan,  namun ancaman teror yang mungkin lebih besar lagi dipercaya masih tetap akan berlangsung.

Menurutnya, dinamika sosial intoleransi dan kejadian kompleks lainnya yang terjadi beberapa saat yang yang lalu merupakan buntut dari memanasnya suhu politik yang terjadi akibat dilaksanakannya Pilkada secara serentak. Kerjasama antara personil keamanan dan elemen terkait diharapkan bisa menunjang dalam mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru ini. Perayaan Natal dan Tahun Baru merupakan moment hari libur dan diprediksi akan terdapat mobilisasi masyarakat menuju tempat-tempat wisata, tempat hiburan dan lain-lain sehingga konsentrasi massa ini dapat memicu kekerasan, maka seiring meningkatnya aktifitas tersebut harus diimbangi dengan penjagaan yang lebih ekstra oleh aparat keamanan.

Operasi Lilin Candi ini, dikatakannya akan berlangsung selama 10 hari dimulai tanggal 23 Desember 2106 s.d. 01 Januari 2017 dengan melibatkan lebih dari 80 ribu Personil Polri, 15 ribu TNI dan dibantu lebih dari 7 ribu elemen masyarakat yang akan ditempatkan di 1609 pos keamanan dan 603 pos pelayanan seluruh Indonesia, untuk Polres Brebes sendiri sekitar 2200 personel (Gabungan dari Polres Brebes, Brimob Polda Jateng, Kodim 0713/Brebes, BKO dari Yonif 407/Phadma Kusuma, Banser, Satpol PP.

Operasi kali ini, menurutnya akan  mengedepankan tindakan preventif dan mengedepankan deteksi dini melalui laporan intelijen. Dalam Ops Lilin Kapolri berharap Operasi Lilin ini dapat berjalan dengan aman dan nyaman sehingga masyarakat bisa merasakan secara langsung dampaknya, sehingga seluruh personil pengamanan harus bekerja ekstra dalam melayani masyarakat.

Tingkatkan kesiap siagaan personil dalam merespon gangguan Kamtibmas, tetap waspada dan jangan Under Estimit dalam situasi tertentu, siapkan kondisi fisik dan mental untuk melayani masyarakat kapanpun dan dimanapun. Persiapankan dengan baik peralatan dan sarana prasaran dalam mendukung keberhasilan operasi. Laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab dan ikhlas serta tampilkan sikap simpatik kepada masyarakat. Penempatan personil keamanan harus bisa memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat baik ditempat wisata maupun tempat hiburan, tempat keramaian dan lain lain. Lakukan tindakan proaktif dan antisipatif untuk menanggulangi aksi teror serta sweeping pihak tertentu yang Ilegal. Laksanakan penegakan hukum secara profesional dan proporsional terhadap pelanggaran hukum yang menimbulkan Kamtibmas dan Kamtibcarlantas. Kuatkan sinergitas antar instansi terkait dengan elemen masyarakat dalam pelaksaan tugas dilapangan.

Acara dibuka dengan menyanyikan Hymne Kepolisian, kemudian pemeriksaan pasukan oleh Pimpinan Apel dilanjutkan dengan penyematan pita kepada perwakilan personel dari Subdenpom IV/1-4 Brebes, Polres Brebes dan dari Dishub Kab. Brebes dan Satpol PP Kab. Brebes sebagai tanda dimulainya operasi ini.

Acara dilanjutkan pembacaan Doa kemudian pemeriksaan alat perlengkapan pengamanan serta kesiapan kendaraan dalam menunjang operasi ini nantinya.(Tris)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman