Dandim Brebes Narasumber Pembekalan Wawasan Kebangsaan Di SMK Maarif NU 03 Larangan - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Selasa, 27 Desember 2016

Dandim Brebes Narasumber Pembekalan Wawasan Kebangsaan Di SMK Maarif NU 03 Larangan


Bregasnews.com -  Dandim 0713/Brebes menjadi narasumber kegiatan Pembekalan Wawasan Kebangsaan dan Dasar Kepemimpinan bertempat di SMK Maarif NU 03 Larangan yang terletak di Desa Rengas Pendawa Kec. Larangan Kab. Brebes dengan diikuti kurang lebih 150 orang Siswa/Siswi SMK tersebut. Senin (26/12/2016).

Materi pembekalan yang disampaikan Dandim 0713/Brebes adalah Wawasan Nusantara adalah bahwa Negara Indonesia adalah negara kepulauan yang terbesar didunia dengan keanekaragaman berupa suku, etnis, agama, bahasa dan adat istiadat, yang menjadi satu dalam wadah yang bernama Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Setelah era Reformasi, cara pandang yang berwawasan nusantara cukup memprihatinkan dan dapat dikatakan luntur bahkan ada sekelompok anak bangsa yang menjual negara ini kepada bangsa lain hanya untuk mendapatkan popularitas, kedudukan bahkan materi untuk kepentingan pribadi ataupun kelompok, sehingga untuk mencermati perilaku tersebut maka generasi penerus harus mendapatkan pembinaan secara kontinyu, terarah dan terpadu karena generasi penerus mempunyai tanggung jawab yang lebih besar terhadap keutuhan dan kedaulatan NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 demi nasib anak cucu kedepannya. 

Oleh karena itu, menurut Dandim, sebagai generasi penerus haruslah bangkit dan sadar bertanah air, berbangsa dan berbahasa satu yaitu Indonesia dengan cara menghayati dan mengamalkan Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, Bendera Merah Putih, Lagu Kebangsaan Indonesia Raya serta dengan mentaati segala peraturan dan perundangan yang berlaku. Dapat kita ketahui bersama melaui media cetak/elektronik sebagian anak bangsa rela menjadi sukarelawan di negara lain (Afganistan/Irak) dengan dalih berjihad (rela bunuh diri) atau alasan lain melakukan  teror bom yang menimbulkan korban jiwa yang banyak, oleh karenanya pemuda harus mempunyai tekad dan semangat nasionalisme dan patriotisme terhadap NKRI. 


Dan sebagai penekanan terakhir Dandim berpesan agar jangan sekali-kali menyentuh Narkoba, karena Narkoba adalah penghancur bangsa yang paling berbahaya disamping gerakan Komunis,” demikian Dandim memaparkan. (Tris)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman