Pembukaan Pekan Seni Budaya Kab. Brebes Tahun 2016 - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Selasa, 27 Desember 2016

Pembukaan Pekan Seni Budaya Kab. Brebes Tahun 2016


Bregasnews.com -  Senin 26 Desember 2016 dilaksanakan acara Pekan Seni Budaya Kab. Brebes Tahun 2016 yang bertemakan “ Gemladag Budaya Bumi Brambang “ yang diselenggarakan oleh Dewan Kesenian Kab. Brebes bertempat di Jln. MT. Haryono Desa Saditan Kec/Kab. Brebes yang dihadiri kurang lebih 300 orang dari berbagai kalangan masyarakat serta tamu undangan. Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari dimulai tanggal 26 s.d. 28 Desember 2016.

Hadir dalam kegiatan tersebut Plt. Bupati Brebes yang diwakili Ikbal, Kapolres Brebes yang diwakili Ipda Mulyono dari Polsek Brebes, Dandim 0713/Brebes yang diwakili Danramil 01/Brebes Kapten Inf Nurhadi, Kepala Kesbangpol Kab. Brebes yang diwakili Agus Kiswanto yang juga sebagai Ketua Dewan Kesenian Brebes, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kab. Brebes Ir. Amin Budi Wihardjo, M.Pi, Kepala Dinas Pendidikan Kab. Brebes Dr. Tahroni, Pimpinan Panwaslu Kab. Brebes Kuntoro serta para tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya yang disampaikan Panitia Saudara Abu Ma’mur MF mengajak kepada seluruh peserta acara yang hadir untuk mengucap rasa syukur karena dapat dipertemukan dalam suatu event yang belum pernah diselenggarakan di Kab. Brebes yaitu Pekan Seni BudayaGemladag Budaya Bumi Brambang “. 

Masyarakat Kab. Brebes, menurutnya mempunyai berbagai macam seni antara lain Kuda Lumping, Calong, Burok, Sintren dan lain-lain. Masyarakat Brebes harus bangga karena ada sejumlah Seniman Brebes yang berkiprah ditingkat nasional bahkan internasional baik dalam hal seni sastra maupun seni rupa yang salah satu contohnya adalah olahan limbah laut yang sudah di eksport ke mancanegara, sehingga perlu diadakannya suatu event yang menyediakan ruang bagi kreatifitas kesenian dan juga sebagai ajang silaturahmi, menghimpun minat dan bakat seni serta memasarkan seni, tradisi dan budaya masyarakat Brebes kepada dunia luar.

Setelah sambutan panitia dilanjutkan dengan pembacaan puisi dengan menggunakan Bahasa Inggris oleh Naswaraya Indra Putri (15)  dan kemudian pertunjukan Tari Kuncor dari Sanggar Tari Kaliyana yang diasuh oleh Diah.  


Menurut panitia, ruang lingkup kegiatan ini meliputi berbagai macam kesenian diantaranya adalah seni rupa, seni tradisi, seni sastra, seni islami dan seni kontemporer. Kegiatan selama 3 hari ini menampilkan pameran dan pasar seni, pementasan kuda lumping, calung, sintren, kesenian umbul, tari-tarian, hadroh, teater, parade baca puisi, musikalisasi puisi, musik akustik dan stand up commmedy serta dimeriahkan dengan perlombaan dongeng.

Sasaran dari event ini, menurut panitia, adalah masyarakat Kab. Brebes khususnya masyarakat Brebes Utara. Sedangkan sumber dana dari kegiatan ini berasal dari Anggaran Dewan Kesenian Kab. Brebes Tahun 2016.(Tris)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman