Lima Pramuka Penegak Kwarcab Tegal Dilatih Menjadi Fasilitator Hak Anak - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Senin, 05 Desember 2016

Lima Pramuka Penegak Kwarcab Tegal Dilatih Menjadi Fasilitator Hak Anak


Bregasnews.com (Slawi) – Sebanyak Lima Pramuka Penegak Kwarcab Tegal dilatih menjadi Fasilitator Hak Anak Akhir November lalu. Hal itu menyusul maraknya kasus-kasus yang timbul di era sekarang terhadap anak seperti kasus pelecehan seksual terhadap anak dibawah umur dan tidak terpenuhinya hak-hak dasar anak yang meliputi Hak Hidup, Hak Tumbuh Kembang, Hak Perlindungan dan Hak Partisipasi. 

Pengurus DKC Tegal, Erwin Setianto yang menjadi salah satu peserta mengatakan, Pelatihan Failitator Hak Anak bagi Pramuka Jawa Tengah digagas oleh Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Jawa Tengah dibawah Kementrian Sosial dan Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Anak yang menggandeng Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Tengah tanggal 17 s.d 30 November 2016 lalu di Hotel Green Valley Bandungan, Semarang.

“Kwarcab Tegal mengirim 5 Pramuka unsur Dewan Kerja Cabang (DKC) pada angkatan ke-4 yakni tanggal 28 s.d 30 November 2016. Mereka yakni Ghofar Ramadhan,Ahmad Fauzan, M Gatot Nur Poncosilo, Solikhun dan Erwin Setianto,” bebernya kemarin.

Dia menuturkan, pada pelatihan itu, Pramuka dibekali sejumlah materi diantaranya perkenalan dan membangun kepedulian bersama, Menjadi fasilitator yang efektif, Perkembangan anak dan delikuensi; Seks, Gender dan kekerasan terhadap anak dan perempuan, konvensi Hak Anak dan mengenal hak anak dengan permainan.

“Hasil pelatihan ini, diharapkan nantinya dapat ditindaklanjuti di tingkat Kwartir Cabang. Tapi masih menunggu Juklak dari Provinsi. Dimana Pramuka bisa menjadi fasilitator yang baik dalam upaya pemenuhan hak-hak anak,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Kwarda Jawa Tengah ,Prof. Dr. Slamet Budi Prayitno.M.Sc berharap, ilmu yang sudah diperoleh adik-adik Pramuka selama pelatihan, dapat diimplementasikan di wilayahnya masing-masing.

“Saya berharap Pramuka dapat berkontribusi besar bersama pemerintahan, LPA demi tercapainya tujuan kita bersama," harap Budi.(Trish)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman