Awal Bulan, Kodim 0713 Brebes Gelar Upacara Bendera - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Senin, 05 Desember 2016

Awal Bulan, Kodim 0713 Brebes Gelar Upacara Bendera


Bregasnews.com – Prajurit dan PNS Kodim 0713/Brebes melaksanakan Upacara Bendera Merah Putih Awal Bulan Desember 2016 di Lapangan Makodim 0713/Brebes dengan Inspektur Upacara Pasiops Kodim 0713/Brebes Kapten Inf Wajirin, Perwira Upacara Pasipers Kodim 0713/Brebes Kapten Inf Sakwad, Komandan Upacara (Danup) dijabat oleh Danramil 13/Salem Kapten Inf Agus Sulistyo, Pengucap Sapta Marga Kopda M. Ashari dari Koramil 05/Losari, Senin 05 Desember 2016.

Upacara bendera ini secara rutin dilaksanakan setiap hari Senin atau peringatan hari besar nasional dalam mewujudkan cinta kepada tanah air, Bendera Merah Putih serta selalu mengenang jasa para pahlawan pendahulu bangsa yang pada saat merebut kemerdekaan mempertaruhkan jiwa dan raganya hanya untuk sekedar mengibarkan Bendera Merah Putih saja. 

Dalam amanat Presiden yang dibacakan Danrem 071/Wk pada  Upacara Bendera Merah Putih Awal Bulan Di Makodim 0713/Brebes  yang dibacakan Pasiops Kodim 0713/Brebes memanjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang maha Kuasa, karena masih diberikan kesehatan dan kekuatan sehingga dapat melaksanakan upacara bendera awal bulan desember 2016. 

Upacara bendera setiap hari senin, menurutnya, adalah kewajiban karena memiliki makna yang sangat penting sebagai penghormatan kepada jasa para Pahlawan yang telah berjuang menegakan kemerdekaan negara Indonesia. Disisi lain upacara merupakan sarana konsolidasi dan informasi  terhadap tugas-tugas satuan yang akan dilaksanakan. 

Pelaksanaan upacara bendera, dikatakannya, dijadikan salah satu kriteria penilaian didalam kesetiaan. Beberapa agenda penting yang perlu mendapat perhatian, Pertama adalah menumbuhkembangkan kegiatan yang bertajuk “Nusantara Bersatu” prajurit dan PNS TNI dan seluruh komponen bangsa Indonesia diharapkan untuk menumbuhkembangkan kembali komitmen kebangsaan “Bhineka Tunggal Ika” meskipun kita berbeda-beda suku, agama, ras dan budaya tetapi kita tetap satu yakni Indonesiaku, Indonesiamu, Indonesia kita bersama, Bhineka Tunggal Ika

Kedua, menurutnya, adalah memaknai Peringatan Hari Juang Kartika, yakni mengenang dan merefleksikan diri terhadap nilai-nila perjuangan Jenderal Besar Soedirman pada peristiwa Palagan Ambarawa. 

“Peringatan tersebut sebagai manifestasi rasa hormat dan wujud penghargaan kepada para pendahulu, yang dengan segenap jiwa dan raganya rela berkorban demi mempertahankan dan menjaga tegaknya NKRI. Makna jati diri prajurit yang harus dipedomani bahwa TNI lahir dari rakyat, untuk rakyat, berjuang bersam rakyat dan dibesarkan oleh rakyat, didalam tugasnya harus mampu mrnjadi prajurit yang profesional, nasional dan militan dalam mengawal serta mempertahankan negara kesatuan RI.”ungkapnya. 

Ketiga, dikatakannya, adalah mensukseskan agenda Pilkada serentak yang akan berlangsung pada bulan februari tahun 2017 diseluruh wilayah/kabupaten kota serta PAM Natal dan Tahun Baru. Untuk Pengamanan wilayah, kepada setiap satuan saya perintahkan agar lebih meningkatkan kewaspadaan karena pada menjelang pelaksanaan Pilkada serentak biasanya kondusifitas suhu politik akan meningkat.

Ditambah, lanjutnya, adanya pasca unjuk rasa damai yamng terjadi pada  tanggal 4-11-2016 dan demo super damai tanggal 2-12-2016. Beberapa titik pengamanan yang menjadi prioritas, adalah pada tempat-tempat ibadah, obyek-obyek vital, tempat-tempat perbelanjaan, terminal, stasiun, tempat hiburan maupun obyek wisata dan keramaian.(Trish)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman