Kunker Menhub RI Dan Kapolda Jateng Tinjau Arus Lalu-lintas Pengamanan Natal Dan Tahun Baru - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Selasa, 03 Januari 2017

Kunker Menhub RI Dan Kapolda Jateng Tinjau Arus Lalu-lintas Pengamanan Natal Dan Tahun Baru




Bregasnews.com -  Kunjungan Kerja Menhub RI, Budi Karya Sumadi dan Kapolda Jateng Irjen Polisi Chondro Kirono dalam rangka meninjau secara langsung sejauh mana pelaksanaanpengamanan Libur Natal 2016 dan Tahun Baru 2017 di wilayah Kab. Brebes khususnya di Exit Tol Brebes Timur. Minggu (1/1/2017).

Menhub RI menggunakan Helikopter dan tiba di Brebes di Helipad ujung Brexit Ruas Tegal, rombongan ini langsung menuju Pos Pengamanan yang bertempat di Pertigaan Brexit Tol Brebes. Sedangkan untuk Kapolda Jateng juga menggunakan Helikopter dan mendarat di Helipad Stadion Karang Birahi Brebes.

Turut Hadir dan mendampingi Kunker Menhub RI tersebut antara lain Kapolda Jateng Irjen Polisi Chondro Kirono, Dirjen Binamarga, Dirjen Perhubungan Darat (Dijen Hubdat), Kepala Basarnas Jateng Budi Gunawan, Plt. Bupati Brebes Drs. Budi Wibowo, Msi, Kapolres Brebes AKBP Luthfie Sulistiyawan, S.I.K. SH. MH, Dandim 0713/Brebes Letkol Inf Ahmad Hadi Hariono, Jajaran Forkopimda Brebes, Jajaran SKPD Brebes dan kepala PT. Jasamarga berserta rombongan.

Adapun tujuan kunjungan Menhub RI ini adalah untuk memberikan evaluasi pasca pelaksanaan pengamanan pasca Libur Natal 2016 dan Tahun Baru 2017 serta memantau secara langsung kondisi lalu-lintas terkini di wilayah Jawa Tengah khususnya di wilayah Kab. Brebes yang sampai dengan saat ini masih aman dan terkendali serta pengamanan yang juga dittitk beratkan pada pengamanan tempat ibadah umat Kristiani di Kab. Brebes sehingga dirasakan dapat memberikan kenyamanan bagi umat Kristiani tersebut dalam menyambut Natal 2016 dan pelaksanaan Misa akhir tahun. Tugas pengamanan ini dilaksanakan oleh Polres Brebes bersama dengan Jajaran Pemda Kab. Brebes dibantu TNI dari Kodim 0713/Brebes.

Dalam peninjauannya Menhub RI menjelaskan bahwa kondisi arus lalu-lintas sampai dengan saat ini terpantau ramai tetapi lancar, sedangkan untuk puncak arus balik diprediksi terjadi pada Senin Sore hingga malamnya. Walaupun arus balik tidak sebanyak saat mudik, Ia meminta kepada petugas yang melaksanakan pengamanan agar selalu melaksanakan koordinasi dengan baik, selalu konservatif dan improfisasi dalam melakukan rekayasa lalu-lintas pada saat terjadi lonjakan arus kendaraan.

Menhub juga menjelaskan bahwa ketika terjadi lonjakan arus balik yang cukup signifikan, rekayasa pendahuluan sudah disiapkan yaitu empat lajur jalan di Brebes Timur akan digunakan semuanya untuk mengalirkan arus yang menuju ke Jakarta, sementara untuk arus dari barat yang akan menuju wilayah Tegal akan diarahkan melalui Exit Tol Brebes Barat.”tuturnya.


Dalam wawancaranya Kapolda Jateng Irjen Polisi Chondro Kirono menjelaskan bahwa dalam pantauannya, selama digelarnya Operasi Lilin Candi 2016, situasi Kamtibmas serta situasi arus lalu lintas baik di Jalan Raya Pantura Brebes maupun Tol Brexit terpantau lancar, bahkan hingga malam pergantian tahun baru lalu-lintas di kedua arah terlihat normal.

Menurutnya, ada sedikit peningkatan kendaraan di dalam tol dikarenakan terdapat perbaikan Jembatan di ruas Tol Cisomang. Sedangkan untuk kemacetan di wilayah Brebes, terjadi pada ruas selatan jalur Brebes menuju Purwokerto, hal ini diakibatkan kerusakan jalan.

Hal itulah, kata Kapolda, yang menyebabkan kendaraan memperlambat lajunya, sehingga terjadi penumpukan jumlah kendaraan. Bagi mereka yang akan melakukan arus balik liburan, Kapolda menghimbau agar tetap berhati-hati dan tetap menjaga stamina baik tubuh maupun kendaraannya karena Ia memprediksi arus balik akan meningkat dan mencapai puncaknya pada Minggu malam dan Senin. Terakhir Kapolda juga menjelaskan bahwa untuk tingkat kecelakaan lalu-lintas sebelum, selama dan sesudah pelaksanaanLibur Natal dan Tahun Baru 2017 ini mengalami penurunan, hal itu tidak terlepas dari kesadaran para pengendara/pengguna jalan yang selalu mematuhi aturan berlalu-lintas.

Dalam kesempatan tersebut, Menhub RI juga menyerahkan bingkisan kepada instansi yang telah membantu jalannya pengamanan Libur Natal 2016 dan Tahun Baru 2017, diantaranya kepada Polres Brebes yang diterima oleh Kapolres Brebes, Kodim 0713/Brebes yang diterima langsung oleh Dandim 0713/Brebes serta Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes.


Sebagai penutup Kunker tersebut dilaksanakan foto bersama di Posko Exit Tol Brebes Timur, kemudian Menhub RI bersama dengan rombongan kembali ke Jakarta menggunakan Helikopter sekaligus memantau secara langsung arus lalu-lintas di Jalan Raya Pantura tersebut via udara.(Tris)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman