Road Show Gubernur Jateng Di Wilayah Brebes - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Senin, 09 Januari 2017

Road Show Gubernur Jateng Di Wilayah Brebes


Bregasnews.com - Road Show atau Kunjungan Kerja Gubernur Jateng, H. Ganjar Pranowo, SH. M.IP beserta rombongan di wilayah Kab. Brebes selama 2 hari yang dilaksanakan mulai tanggal 04 s.d. 05 Januari 2017.

Kunjungan pertamanya pada Rabu 04 Januari 2017 Gubernur Jateng melaksanakan tatap muka dan dialogis dengan warga di Kec. Jatibarang yang didampingi antara lain Plt. Bupati Brebes Drs Budi Wibowo M.si, Kepala Bapermades Propinsi Jateng Tavip Supriyanto, Sekda Kab. Brebes H. Emastoni Edsam, SH.MH, Asisten 1 Sekda Brebes H. Atoilah, Kepala Satpol PP Kab. Brebes Budi Darmawan, Kepala Bapeda Kab. Brebes Dr. Angkatno, M.Pd, Kepala BPMDK Kab. Brebes Aunur Rofiq, Kabag Protokol Provinsi Jateng Alam, Jajaran Muspika Kec. Jatibarang, Para Kades, Ketua BPD, LPM, Perwakilan Perangkat Desa Kec. Jatibarang, Anggota BPMD Kec. Jatibarang, Perwakilan Tomas, Toga dan Toda Kec. Jatibarang, dengan dihadiri lebih dari 500 orang dari wilayah Kec. Jatibarang dan sekitarnya.

Dalam Sambutannya Gubernur Jateng di Jatibarang mengatakan Ia tidak ingin ada Kepala Desa dan Perangkat Desa di Kab. Brebes yang bermasalah dengan Dana Desa atau menyelewengkan Anggaran Dana Desa, karena dana itu bukan hak pribadi melainkan semuanya digunakan untuk rakyat tetapi dikelola oleh Pemerintah Desa masing-masing.
Ganjar menerangkan banyak pejabat daerah ditempat lain yang berurusan dengan hukum akibat penyelewengan dana tersebut. Ia menekankan masalah gerakan Radikal Kanan (ISIS), di wilayah Brebes jangan sampai ada yang terlibat jaringan tersebut.
Ganjar juga  menjelaskan panjang lebar tentang masalah Narkoba dan Ia berpesan agar masyarakat jangan sampai terlibat sekecil apapun yang berhubungan dengan Narkoba. Dan sebagai acara tambahan, Ganjar melaksanakan dialogis dua arah dengan seluruh masyarakat yang hadir.

Dalam Kunker keduanya bertempat di Polres Brebes dan dihadiri lebih dari 300 orang. Dalam sambutannya Ganjar menuturkan tentang penyebab utama kemacetan Lalu-lintas di wilayah selatan yang diakibatkan kerusakan jalan, untuk mengatasi masalah tersebut  Ganjar memerintahkan Dinas PU serta bila diperlukan akan meminta Pangdam IV/Diponegoro (Zipur Kodam IV/Dip ) untuk membantu pembangunan infrastruktur jalan tersebut yang akan mulai dikerjakan secepatnya di Tahun 2017 ini.

Kemudian Ganjar menjelaskan tentang kenaikan biaya perpanjangan STNK dan Balik Nama BPKB kendaraan bermotor, hal ini sebagai upaya untuk menutup biaya operasional, hal tersebut sehingga diharapkan tidak ada lagi Calo perpanjangan STNK dan balik nama BPKB sehingga pelayanan kepada masyarakat lebih maksimal. Ganjar  juga  mengucapkan selamat berjuang kepada Polres Brebes yang akan mewakili Jawa Tengah dalam Lomba Polmas.    

Dalam Kegiatan ketiganya Gubernur bertatap muka dan berdialog dengan seluruh jajaran Pemkab Brebes dan Para Nelayan Brebes, dengan dihadiri lebih dari 500 orang.

Kegiatan di Pendopo Bupati Brebes diawali pembukaan, menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, selanjutnya sambutan selamat datang dari Plt. Bupati Brebes dilanjutkan dengan acara pokok yaitu pengarahan dari Gubernur. Arahan Gubernur tersebut Ia  menuturkan kemarin berkunjung di Kabupaten Tegal dalam memberikan arahan kepada jajaran Pemerintah Pemkab. Tegal agar selalu mengedepankan pelayanan terhadap masyarakat, sehingga dalam kesempatan ini juga Ganjar mengajak Jajaran Pemkab. Brebes juga guna memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan harus berani terbuka dalam melayani masyarakat karena hal tersebut merupakan kunci dalam memajukan Kab. Brebes serta memberantas korupsi dan meluruskan birokrasi yang kurang tepat.

Satu-satunya Provinsi yang mendapat penghargaan dari pemerintah, menurut Ganjar karena kinerja terbaik serta mendapatkan penghargaan pengelola gratifikasi terbaik di Indonesia adalah Provinsi Jawa Tengah sehingga Ia mengajak seluruh jajaran Pemkab Brebes untuk bekerja sama dalam memberantas korupsi. Ia juga menyampaikan untuk bekerja keras dalam menjaga Kamtibmas dalam pelaksanaan Pemilukada serentak yang akan dilaksanakan pada Bulan Pebruari 2017.

Acara dilanjutkan dengan tatap muka dialogis dengan Para Nelayan dan Pengrajin Tali Cantrang (Jala) se Kab. Brebes, Ia menampung aspirasi dari Para Nelayan dan Pembuat Tali Cantrang tersebut guna dicarikan solusi dan akan diteruskan kepada pemerintah pusat.
Selanjutnya dalam kegiatan keempatnya Gubernur menyempatkan diri mengajar dan memberikan arahan di SMK N 1 Bulakamba Kec. Bulakamba yang disambut oleh Kepala Sekolah Bulakamba  Slamet Riyadi, M.Pd dan Muspika Kec. Bulakamba serta ratusan murid SMK N 1 Bulakamba.

Dalam penyambutan Gubernur,  Kapala Sekolah SMK N 1 Bulakamba mengucapkan selamat datang kepada Gubernur Jateng kemudian dilanjutkan dengan paparan tentang situasi kondisi serta prestasi dari SMK N 1 Bulakamba yang meraih juara LKS Nasional Bidang  Nautika Kapal Penangkap Ikan dan juara nasional Kretifitas  Alat Penghemat BBM Sepeda Motor.

Selanjutnya sebagai acara pokok adalah arahan dialog interaktif dua arah dari Gubernur Jateng kepada Siswa-siswi antara lain menekankan masalah Narkoba, Terorisme, Gerakan Radikalisme (ISIS), Pornografi dan lain-lain. Ia juga mewanti-wanti agar berhati-hati dalam bersosial media (Internet) karena banyak beredar berita/informasi hoax (bohong) yang dapat merusak moral sebagai generasi penerus bangsa nantinya. Sebagai contoh anak umur 15 dan 16 tahun ditemukan oleh BNPT pandai merakit Bom yang belajar otodidak dari Internet yang sangat membahayakan bagi dirinya sendiri maupun lingkungan sekitarnya, oleh karena itu hal tersebut merupakan tanggung jawab kita bersama dan bukan hanya tanggung jawab orang tua saja. Oleh karena itu belajar terbaik adalah dengan membaca buku dan bukan belajar di internet.

Ganjar  juga menyinggung tentang penggunaan alat tangkap ikan yang ramah lingkungan yang tidak merusak biota laut lainnya terutama terumbu karang yang merupakan program dari Menteri Kelautan RI Ibu Susi, hal ini dikarenakan maraknya demo soal Cantrang. Perlu kita fahami bersama bahwa maksud dan tujuan pelarangan Cantrang tersebut adalah agar anak cucu kita nantinya dapat menikmati sumber daya laut berupa ikan dan biota laut lainnya.

Hal ini, menurut Ganjar, hanya dapat terwujud jika anak-anak ikan dan biota laut lainnya tidak rusak dengan penangkapan ikan dengan alat yang tidak ramah lingkungan (Cantrang). Ia menuturkan dalam 2 tahun kedepan kekayaan laut pasti akan melimpah pasca diberlakukan pelarangan tersebut. Ia juga memberikan hadiah berupa buku kepada Siswa/siswi yang berhasil menjawab pertanyaan dalam interaksinya.

Sebagai acara penutup Gubernur mendapatkan cinderamata dari siswa berprestasi juara nasional LKS atas nama Ibnu Hafiz Herdiyansah yang memberikan Alat Penghemat BBM dan Lampu kreatif yang dapat dihidupkan dengan tepukan tangan.

Selanjutnya dalam kegiatan terakhirnya Gubernur bertatap muka dengan warga Desa Sengon Kec. Tanjung bertempat di Balai Desa Sengon yang dihadiri lebih dari 250 orang. Kegiatan Gubernur antara lain melaksanakan dialog interaktif dua arah dengan masyarakat Kec. Tanjung bahwa dalam penyampaian aspirasi/keluhan warga harus disesuaikan dengan jalur pelaporan dan harus selalu dikawal oleh perangkat desanya,

Bagi para Kades Ganjar berpesan agar anggaran/dana desa harus transparan dalam penggunaan dan menggunakan skala prioritas mana yang harus didahulukan. Desa sengon adalah desa percontohan di Kab. Brebes sehingga banyak industri rumah tangga harus ditingkatkan dan diberikan perhatian lebih dari pemerintah sehingga diharapkan dapat menjadi contoh bagi desa yang lain agar lebih maju dan sejahtera.

Kemudian sebagai penutup seluruh rangkaian kegiatan Kunker/Road Show tersebut Gubernur meninjau Ternak Kambing yang bibitnya (30 ekor anak kambing) merupakan bantuan dari pemerintah yang dipelihara oleh Gunawan dan Wardiyono dari RT 03/RW 06 Desa Sengon. Rombongan kembali ke Semarang via darat masuk melalui Pintu Tol Pejagan menuju ke Semarang. (Tris)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman