Peduli Dermasuci, Kwarran Diimbau Galang Bantuan Untuk Bencana Alam - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Kamis, 02 Februari 2017

Peduli Dermasuci, Kwarran Diimbau Galang Bantuan Untuk Bencana Alam


Bregasnews.com (Slawi) – Sebagai organisasi Pendidikan karakter, Gerakan Pramuka Indonesia tidak terlepas dari berbagai macam kegiatan sosial di masyarakat dan lingkungan. Melalui berbagai kegiatannya, anggota pramuka diminta hadir dengan aksi-aksi nyata melalui aksi pramuka peduli dan bakti kepada masyarakat dan lingkungan. Hal itu ditegaskan Wakil Ketua Kwarcab Tegal Bidang Organisasi Hukum, Drs Agus Subagyo,MM saat membuka Rapat Kerja Cabang (Rakercab) Kwarcab Pramuka Tegal tahun 2017, Rabu (1/2) di Sanggar Pramuka setempat.

“Seperti pada bencana banjir di pantura beberapa waktu lalu dan terbaru bencana tanah bergerak di Desa Dermasuci, Pramuka melalui Ubaloka hadir bersama relawan lainnya untuk memberikan pertolongan dalam penyaluran bantuan maupun Dapur Umum. Kedepan, aksi peduli ini diharapkan terus dioptimalkan,” ujar Agus

Dengan demikian, kata Agus, Pramuka yang juga sebagai lembaga pendidikan membentuk karakter generasi muda dirasakan kehadirannya ditengah-tengah masyarakat dan mampu menunjukan bahwa pramuka juga peduli terhadap persoalan-persoalan di negeri ini.

“Kita tentu prihatin dengan bencana yang menimpa warga Dermasuci. Oleh karena itu, saya menghimbau jajaran Kwarran untuk melakukan aksi kepedulian / penggalangan bantuan untuk korban bencana tanah bergerak Dermasuci. Setelah terkumpul, silahkan bisa disalurkan langsung ke lokasi atau bisa melalui lembaga terkait BPBD atau PMI,” pinta Agus

Menurut Kepala Dinas LH Pemkab Tegal ini, hal ini diperlukan untuk menciptakan kader yang memiliki watak sosial dan pengabdian masyarakat yang tinggi dalam rangka kepedulian terhadap berbagai masalah kemasyarakatan. “Dengan aksi ini, maka diharapkan akan membentuk watak kaum muda Indonesia menjadi generasi yang berjiwa sosial, peduli dan cinta alam sebagaimana Dharma Pramuka,” ungkapnya.

Agus menambahkan, selain itu, dengan lahirnya Undang-undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka, telah memberi arah dan tujuan yang jelas dan tegas, yakni meningkatkan kecintaan kepada bangsa dan tanah air (nasionalisme dan patriotisme), membangun generasi muda bangsa yang berkarakter (character building) dan ketrampilan hidup (life skill).

“Pramuka punya peran strategis dalam pembangunan bangsa khususnya karakter kaum muda Indonesia, sehingga mereka terbentengi dari berbagai kenakalan remaja seperti narkoba, tawuran dan lainnya,” pungkasnya.

Sekretaris Kwarcab Tegal, Djuliono,S.Sos menjelaskan Rakercab digelar rutin setiap tahun sebagai media silaturahmi antara Kwarcab dan Kwarran yang nantinya saling berembuk, untuk melahirkan gagasan yang cemerlang, guna untuk melaksanakan kegiatan di tahun 2017 baik bersifat skala prioritas maupun partisipatif.

"Rakercab menyampaikan laporan kegiatan tahun 2016 dan memaparkan rencana kegiatan pembinaan Pramuka tahun 2017,” pungkasnya.(Trs)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman