Antisipasi Bencana Alam, Forkompinda Dan Instansi Terkait Di Brebes Gelar Apel Kesiapan Penanggulangan Bencana Alam Tahun 2017 - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Minggu, 09 April 2017

Antisipasi Bencana Alam, Forkompinda Dan Instansi Terkait Di Brebes Gelar Apel Kesiapan Penanggulangan Bencana Alam Tahun 2017


Bregasnews.com - Beberapa waktu yang lalu, wilayah Brebes kerap terjadi bencana alam. Yang terbesar yakni bencana banjir akibat jebolnya tanggul sungai pemali. Hal ini membuat jajaran Forkompinda dan instansi terkait melakukan segala macam upaya, termasuk diadakannya Apel Kesiapan Siagaan penanggulangan bencana alam, yang digelar di halaman Islamic Center Brebes, Kamis 6 April 2017.

Kapolres Brebes AKBP Luthfie Sulistiawan yang saat itu menjadi pimpinan Apel mengatakan, bencana alam memang tidak pernah diharapkan, namun ketika terjadi haruslah koordinasi lintas sektor terkait harus lebih baik lagi.
"Bencana kemarin kita jadikan pelajaran, banyak kekurangan nanti kita evaluasi bersama" kata Kapolres.

Luthfie mengingatkan kembali terkait koordinasi yang sudah dilakukan oleh satgas bencana alam kemarin. "Meskipun satgas dibentuk secara cepat, namun hasilnya memuaskan. Group WA juga ternyata sangat berfungsi dengan baik" jelas Luthfie.

Dandim 0713/Brebes Ahmad Hadi Haryono yang kala itu ditunjuk sebagai kepala satgas juga bisa melakukan koordinasi dengan baik. Bahkan hingga penanganan tanggul, satgas bencana alam tersebut melakukan evaluasi dari tahap pengurugan hingga status aman.

Dalam menghadapi musim kemarau, Luthfie mengatakan, bukan bencana banjir lagi yang dikhawatirkan, namun bisa saja terjadi kebakaran. "Saat ini potensinya bisa saja kebakaran, untuk itu semua harus waspada dan koordinasi harus tetap berjalan" ungkap Luthfie.
Kapolres menambahkan, dalam waktu dekat akan menghadapi arus mudik lebaran, semoga kemacetan bisa ditangani dengan baik. "Bencana brexit tahun lalu, semoga tidak terjadi lagi tabun ini" imbuhnya.


Sementara itu, Dandim Brebes mengatakan, tanggung jawab akan penanggulangan bencana tak hanya sebatas petugas saja, namun peran serta aktif dari masyarakat juga merupakan hal terpenting. "Saluran air maupun irigasi dan drainase harus dibersihkan setiap saat, warga harus melakukan kerja bakti untuk menjaga kebersihan lingkungan, sehingga ketika hujan deras air bisa secepatnya surut" kata Dandim.

Dalam kesempatan tersebut, jajaran satgas bencana alam yang terdiri dari unsur Forkompinda juga melakukan pengecekan terhadap sarana dan prasarana yang digunakan manakala terjadi bencana alam. Termasuk didalamnya yakni mobil pemadam kebakaran, perahu tim SAR, mobil satuan kepolisian dan peralatan lainnya.(Tris)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman