Peresmian Kantor Komunikasi Masyarakat Peduli Embung (KOMPEM) - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Minggu, 23 April 2017

Peresmian Kantor Komunikasi Masyarakat Peduli Embung (KOMPEM)


Bregasnews.com - Jum'at 21 April 2017 yang juga bertepatan dengan Hari Kartini diselenggarakan acara peresmian Kantor Komunitas Masyarakat Peduli Embung (KOMPEM) Kabupaten Brebes yang dihadiri sekitar 500 orang bertempat di Embung Desa Siasem (Pulo) Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti, SE, Dandim 0713/Brebes Letkol Inf Ahmad Hadi Hariono beserta Ketua Persit KCK Cab. XXIII Dim 0713/Brebes Ny. Febriyanti Ahmad Hadi Hariono, Kapolres Brebes yang diwakili Kompol Wisnu Kabagren, Kadin Kelautan dan Perikanan Kabupaten Brebes Tandi, Kepala BPBD Kabupaten Brebes Ir. Eko Andalas, Kepala Lingkungan Hidup Kabupaten Brebes Edy Kusmartono Msi, Muspika Kecamatan Brebes dan Wanasari, Danpos AL Kluwut Kecamatan Bulakamba Pelda Mes Saiful Iman serta para tamu undangan lainnya.


Dalam peresmian Kantor Kompem yang ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pemotongan tumpeng secara simbolis oleh Bupati Brebes ini, juga dilaksanakan kegiatan lainnya yaitu membersihkan Embung dari sampah dan enceng gondok (Kharya Bhakti TNI Kodim 0713/Brebes bersama masyarakat), penaburan benih Ikan Nila dan Ikan Mas, serta kegiatan Reboisasi di seputaran tanggul Embung dengan penanaman pohon Mangga sebanyak 50 batang, Trembesi 10 batang serta Mahoni 3 batang yang benihnya berasal dari Dinas Lingkungan Hidup Kab. Brebes.

Dalam mendukung kegiatan dikawasan Embung tersebut dilibatan Sarpras LCR (Perahu Karet)  diantaranya dari Kodim 0713/Brebes 1 buah, SAR Brebes 1 buah, BPBD Brebes 1 buah serta dari Pos AL Kluwut 1 buah Perahu Karet. Dalam kegiatan Kharya Bhakti pembersihan Embung melibatkan beberapa pihak antara lain dari SMA N 1 Wanasari (Pramuka)  sebanyak 24 orang, SAR Kab. Brebes  10 orang, BPBD Kab. Brebes  9 orang, TNI AL Pos Kluwut Kec. Bulakamba 3 personel, Dinas LH 20 orang, Anggota Polsek Wanasari 4 orang, Senkom 10 orang, Personel Kodim 0713/Brebes 22 orang serta Angklung SDN Siasem 01 Kec. Wanasari Brebes.

Dalam kesempatannya Dandim 0713/Brebes Letkol Inf Ahmad Hadi Hariono menyampaikan bahwa Kharya Bhakti TNI ini diharapkan dapat menjadi contoh dan menumbuhkan kepedulian masyarakat tentang manfaat Embung dalam menampung air hujan dan menjadi sumber air pada saat kemarau, juga Embung ini dapat menjadi destinasi wisata air dan dapat dijadikan sebagai aset Pemda Brebes.
Sehingga, kata Dandim, diperlukan kepedulian kita bersama dalam menjaga ekosistem diseputaran Embung yang ada dengan menjaga kebersihan, keindahan dan kerapian lingkungan Embung tersebut karena Embung ini keberadaannya tentunya banyak manfaatnya bagi kepentingan masyarakat disekitarnya.

Sementara sambutan Bupati Brebes mengatakan bahwa peresmian Embung yang didelegasikan oleh Komunitas Masyarakat Peduli Embung (KOMPEM) Kabupaten Brebes ini agar nantinya dapat menjadi Objek Pariwisata di Kabupaten Brebes.

Dikatakan Bupati, keberadaannya di Desa Siasem ini agar dapat menjadi wahana rekreasi wisata air guna menunjang perekonomian masyarakat disekitar lingkungan Embung. Manfaatkan potensi yang ada ini dengan semaksimal mungkin dengan menjaga kebersihan, kelestarian dan keindahan lingkungan serta ekosistem air disekitar Embung sehingga terhindar dari pencemaran lingkungan.

Jadikan Kabupaten Brebes menjadi magnet guna menarik warga masyarakat/wisatawan lainnya agar tertarik untuk datang ke Embung di Desa Siasem Pulo Kecamatan Wanasari ini menjadi sektor Pariwisata Air Kabupaten Brebes” ucap Bupati.


Dalam kesempatan itu juga Bupati Brebes yang didampingi Forkopimda serta Ketua Persit KCK Cab. XXIII Dim 0713/Brebes menyempatkan diri untuk menaiki LCR dan mengelilingi perairan Embung yang dipandu oleh personel dari Pos AL Kluwut.(agus)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman