Launching Kampung KB Dan Penandatanganan Prasasti Kampung KB 18 Desa Se-Kabupaten Brebes - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Jumat, 19 Mei 2017

Launching Kampung KB Dan Penandatanganan Prasasti Kampung KB 18 Desa Se-Kabupaten Brebes


Bregasnews.com - Jum’at 12 Mei 2017 bertempat di Lapangan Desa Cenang RW. 04 Kec. Songgom Kab. Brebes telah dilaksanakan acara Launching Kampung KB Dan Penandatanganan Prasasti Kampung KB 18 Desa Se-Kab. Brebes yang dihadiri kurang lebih 500 tamu undangan dan warga sekitar.

Ada yang istimewa dalam acara ini, yaitu Ibu Bupati, Jajaran Forkopimda,  Kepala Perwakilan YKKBN Propinsi Jateng dan Kepala DP3 KB Kab. Brebes diarak ketempat acara peresmian (Balai Desa Cenang) dengan menggunakan Delman yang telah dihias dan hal ini merupakan hal yang unik.

Sambutan Kepala Perwakilan YKKBN Propinsi Jateng, Ngadino menerangkan bahwa di Kab. Brebes IPM nya paling rendah diantara Kabupaten di Jateng salah satunya ditandai dengan tingginya angka kematian dari ibu dan anak, oleh karena itu perlunya dukungan dari semua pihak untuk mengatasi permasalahan rendahnya IPM ini (Ekonomi, Pendidikan dan Kesehatan).

Menurutnya, dari hasil survei nasional bahwa di wilayah Kab. Brebes warganya masih menikah diusia yang sangat muda yaitu 19 Tahun 5 Bulan dan hal ini sangat menyedihkan, ini berarti pembangunan IPM dibidang pendidikan harus segera dipacu dan ditingkatkan dengan bersama-sama seluruh pihak bahu-membahu untuk mengatasinya salah satunya dengan memberikan pemahaman tentang usia ideal untuk menikah.

Ia juga sangat berterimaksaih kepada Bupati Brebes dan seluruh pihak yang telah mensukseskan launching kampung KB, dimana program KB adalah program dari pemerintah pusat yang harus dilaksanakan demi awal pembangunan bangsa mulai sektor yang paling bawah (pembangunan ekonomi dan kesehatan dengan menurunkan angka kematian dari ibu melahirkan dan anak).

Terakhir ia mengajak untuk bersama-sama memajukan desa di wilayah Kab. Brebes sehingga lebih maju daripada desa di Kab. Lain dan tidak menutup kemungkinan 18 kampung KB di Kab. Brebes kedepan akan menjadi contoh pelopor bagi wilayah lainnya di Indonesia.    

Dalam kesempatan yang sama sambutan Bupati Brebes mengucapkan rasa syukurnya, karena dapat meresmikan Lounching Kampung KB secara simbolis kepada 18 Desa di kab. Brebes, ini adalah salah satu program dari Pemkab Brebes dalam memperbaiki IPM dibidang pendidikan, ekonomi dan kesehatan. Kab. Brebes dengan 1.800.000 juta penduduknya harus segera ditekan dengan program KB (2 anak cukup) guna memperbaiki dan meningkatkan IPM serta kesejahteraan setiap keluarga masyarakatnya.

Dari data Desember 2016 s.d. Mei 2017, kata dia, sudah tercatat 10 orang ibu meninggal melahirkan, sehingga hal ini perlu ditekan agar kedepan dapat dikurangi angka kematian ibu melahirkan tersebut. Marilah bersama-sama mensukseskan program dari Presiden RI dengan 2 anak saja cukup melalui KB jangka panjang dengan pemasangan Implant 3 tahun/5 tahun ataupun dengan IUD/Spiral demi mengurangi resiko kelupaan jika menggunakan KB jenis Pil dan Suntik.

Pada hari ini, kata Bupati, akan diadakan pemasangan IUD/Spiral gratis terutama kepada 130 ibu-ibu usia produktif, Beliau juga menyampaikan bahwa yang bersedia pasang IUD masing-masing akan mendapatkan uang transport sebesar Rp. 50.000,-. Kemudian program dari Bupati adalah bagi para ibu hamil, yang mengantarkan persalinan (Bidan) bahkan sopir yang mengantar masing-masing juga akan mendapatkan penghargaan berupa uang transport sebesar Rp. 80.000,-, hal ini merupakan salah satu program dari Bupati dalam membangun serta meningkatkan IPM yang rendah dibidang kesehatan.

Terakhir Bupati menyampaikan akan melaksanakan Program Safari KB ke Kampung-kampung KB yang dalam 1 bulannya akan dilaksanakan sebanyak 4 kali, hal ini semua Pemda lakukan demi meingkatkan kesejahteraan masyarakat serta menekan angka kematian ibu melahirkan dan anak, demikian Beliau menuturkan.

Untuk acara selanjutnya adalah penyerahan SK Kampung KB kepada Kepala UPT DP3KB se-Kab. Brebes dilanjutkan foto bersama. Penyerahan bantuan secara simbolis kepada perwakilan dari BKB (Bina Keluarga Balita), BKR (Bina Keluarga Remaja), BKL (Bina Keluarga Lansia), UPPKS (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera) dan PIK Remaja (Pusat Informasi dan Konseling Remaja).

Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan Prasasti Kampung KB dan peresmian serta pengguntingan pita di Kampung KB RW. 04 Desa Cenang Kec. Songgom dengan disaksikan seluruh hadirin dan dilanjutkan dengan peninjauan langsung di Kampung KB tersebut yang salah satunya meninjau Bazar Produk Unggulan UPPKS Teratai dari masyarakat Desa Cenang, melihat ibu-ibu melaksanakan senam sehat dan meninjau langsung (Safari Pelayanan KB-Kes) pemasangan IUD kepada 130 ibu-ibu usia subur dalam rangka Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke XIV dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Ke-55 Kab. Brebes Tahun 2017.(Tris)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman