Siaga Banjir Di Kecamatan Jatibarang Diadakan Patroli Gabungan - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad



Post Top Ad

Sabtu, 10 Februari 2018

Siaga Banjir Di Kecamatan Jatibarang Diadakan Patroli Gabungan


Bregasnews.com – Luapan air dan banjir kembali datang menghiasi Kecamatan Jatibarang Kabupaten Brebes, Babinsa Koramil 02/Jatibarang Kodim 0713/Brebes Serka Wawan bersama dengan anggota Polsek Jatibarang yang dipimpin Kapolsek AKP Mulyono, SH, Camat Jatibarang Subagya, SH melaksanakan siaga banjir dan tanah longsor dengan melaksanakan patroli serta pengecekan di beberapa lokasi rawan bencana dan yang terkena banjir pada Jum’at 9 Februari 2018.

Serka Wawan menceritakan, “Sebelumnya sekitar Pukul 17.00 sampai 19.00 WIB, wilayah Kecamatan Jatibarang dan sekitarnya diguyur hujan yang cukup deras, sehingga Kali Sibiyuk, Gondang dan Kali Pucang meluap dan mengakibatkan desa dipinggiran sungai tersebut tergenang air, antara lain Desa Klikiran di Rw. 01 serta Rw. 02 dengan ketinggian air kurang lebih 50 cm, di Desa Kemiriamba Rw. 02 ketinggian air mencapai 1 meter dan di Desa Kalipucang Rw. 01 dan Rw. 02 ketinggian air bahkan mencapai 1,5 meter. Sedangkan di Desa Kalialang Rw. 01 ketinggian air juga mencapai 1,5 meter ditempat tanah warga terendah.” terang Wawan.

“Jadi secara umum di keempat desa tersebut ketinggian air secara umum berkisar antara 0,5 sampai dengan 1 meter, Alhamdulillah sekitar Pukul 02.00 WIB Sabtu dini hari 10 Februari 2018, air sudah mulai surut sedangkan warga yang belum mengungsi dan masih menempati rumah masing-masing mulai melaksanakan pembersihan sampah dan lumpur. Tidak ada korban jiwa, namun kerugian harta benda, pertanian, peternakan dan perikanan penduduk belum dapat ditaksir,”

“Kami bersama dengan anggota Polsek, Desa dan dari Tim BPBD serta PMI Kabupaten Brebes melanjutkan patroli dengan menggunakan perahu karet untuk menyusuri warga terutama yang tergenang air dengan ketinggian diatas 1 meter lebih, ini sebagai langkah antisipasi jika sewaktu-waktu air susulan dari hulu datang dan warga perlu dievakuasi segera, untuk perkembangan situasi dilokasi banjir selanjutnya, setiap 1 jam sekali kami laporkan kepada Komandan Kodim 0713/Brebes,” pungkasnya.

Himbauan kepada masyarakat diserukan melalui pengeras suara agar selalu meningkatkan waspada bila hujan kembali turun, bersiap-siap mengungsikan orang tua, ibu dan anak-anak jika hujan kembali datang lagi, mengingat 4 desa yang terkena banjir sangat rawan memakan korban jiwa jika sewaktu-waktu Kali Sibiuk, Kali Gondang dan Kali Pucang. (Aan/tris)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman