Kapolda Jateng Pimpin Apel Ikrar Netralitas TNI-Polri dan Ikrar Damai Parpol di Cilacap - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad



Post Top Ad

Kamis, 01 Maret 2018

Kapolda Jateng Pimpin Apel Ikrar Netralitas TNI-Polri dan Ikrar Damai Parpol di Cilacap


Bregasnews.com - Kapolda Jawa Tengah Irjen Polisi Condro Kirono, M.M., M.Hum memimpin Apel Ikrar Netralitas TNI-Polri dan Ikrar Damai Partai Politik yang diselenggarakan oleh Forkopimda Kabupaten Cilacap di Lapangan Alun-alun Cilacap, Jumat (23/02).

Turut hadir pada apel tersebut Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Bakti Agus Fadjari, S.I.P, M.Si. mewakili Pangdam IV/Diponegoro dan pejabat Forkopimda Kab. Cilacap.

Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka menghadapi Pilkada Gubernur/Wakil Gubernur Jawa Tengah Tahun 2018 khususnya di wilayah Kabupaten Cilacap. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Personel TNI-Polri Se-eks Karesidenan Banyumas, Pemda Kabupaten Cilacap serta Ketua Partai Politik yang ada di wilayah Kabupaten Cilacap.

Dalam amanatnya Kapolda Irjen Polisi Condro Kirono mengatakan bahwa komitmen Netralitas TNI-Polri sudah dijabarkan oleh melalui peraturan Kapolri dan Panglima TNI.

Dikatakan, jajaran Kodam IV/Diponegoro dan Polda Jawa Tengah telah melaksanakan Rapat Koordinasi Pimpinan dan telah mengikrarkan Netralitas ini secara bersama-sama.

"Didalam Negara demokrasi, TNI-Polri tidak boleh berpolitik karena TNI-Polri mempunyai tugas untuk menjaga pertahanan dan keamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia", tegasnya.

"Penegakan larangan ini sudah diatur dalam UU Nomer 2 tahun 2002 tentang Polri dan UU Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI", lanjutnya.

“Mari kita tegaskan kembali Ikrar Netralitas TNI-Polri dalam Pilkada tahun 2018 serta memastikan Pilkada Gubernur/Wakil Gubernur Jawa Tengah tahun 2018 ini dapat terlaksana secara jujur, adil, tertib, damai, berkualitas dan berintegritas.” sambungnya.

Disampaikan pula oleh Kapolda bahwa tahapan Pilgub/Wagub Jateng sudah memasuki tahap kampanye yang dimulai sejak 15 Februari 2018 dan akan berakhir 23 Juni 2018. Waktu yang panjang itu akan dimanfaatkan para calon Gubernur dan Wakil Gubernur maupun tim suksesnya menyampaikan visi dan misinya serta berinteraksi langsung dengan masyarakat untuk memilih pemimpinnya yang terbaik.

“Negeri ini telah memilih demokrasi sebagai pondasi utama NKRI sebagaimana telah diatur dalam konstitusi kita bahwa pilar-pilar yang menjaga Indonrsia adalah Pancasila, UUD 1945 dan Bhineka Tunggal Ika dan tegaknya pilar-pilar demokrasi ini menjadi kewajiban kita bersama tanpa memandang suku, ras dan golongan.” jelas Kapolda Jateng

Diakhir amanatnya Kapolda juga berpesan kepada seluruh pimpinan Partai Politik dan tim suksesnya untuk senantiasa bisa menjaga kondusifitas keamanan dan kedamaian di wilayahnya masing-masing sehingga akan tercipta demokrasi yang sehat, kompetetif dan edukatif serta menghasilkan pimpinan Jawa Tengah yang baik dan mampu membawa Jawa Tengah kearah kesejahteraan dan keadilan.

Selain itu juga, agar mensosialisasikan Ikrar Damai kepada seluruh elemen masyarakat agar Pilkada berjalan dengan aman dan kondusif.

“Kepada TNI-Polri, Penyelenggara Pemilu, KPU, Banwaslu, perkokoh kerjasama, komunikasi dan sinergitas agar Pilkada berlangsung dengan damai, kondusif, berkualitas, berintegritas, becik tur nyenengake.” pinta Irjen Pol Condro Kirono

Pada kegiatan ini juga ditampilkan peragaan para Pocil (Polisi Cilik) dan pertunjukan tarian kolosal serta pembentangan bendera Merah Putih menyelimuti para peserta apel yang menggambarkan berada dalam bingkai NKRI.

Puncak kegiatan dan sebagai inti acara adalah pembacaan Ikrar Netralitas TNI-Polri serta Ikrar Damai Parpol di wilayah Kabupaten Cilacap.(trs)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman