Tingkatkan Produktifitas Pangan, Dinas Pertanian dan Perkebunan Jateng Gelar Pertemuan Tenkis - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad



Post Top Ad

Sabtu, 10 Maret 2018

Tingkatkan Produktifitas Pangan, Dinas Pertanian dan Perkebunan Jateng Gelar Pertemuan Tenkis


Bregasnews.com - Dalam meningkatkan produktifitas tanaman pangan di seluruh kabupaten di wilayah Jawa Tengah, Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jateng menggelar pertemuan tekhnis berupa evaluasi Upsus Pajale (Upaya Khusus Padi Jagung Kedelai) tahun 2018 bertempat di Hotel Horizon Jalan MT. Haryono Semarang. Kamis (8/3/2018).

Pertemuan dan evaluasi ini dihadiri antara lain Pabandya Wanwil Sterdam IV/Diponegoro yang mewakili Aster Pangdam IV/Diponegoro Letkol Inf. Agus Musriyanto, Kabid Sarpas Distanbun Provinsi Jateng Ir. Herawati Parastiyani, Kasi Pruduk Padi Distanbun Provinsi Jateng Ir. Edy Darmanto, Kepala Balai Alsintan Distanbun Provinsi Jateng Ir. Bimo, Para Kabid Distanbun Provinsi Jateng, Para Kabid Sarpas Distan KP se-Jateng, Pabandya Wanwil Sterdam IV/Diponegoro, Para Pasi Wanwil Stafter Korem jajaran Kodam IV/Diponegoro, Para Pasiter Kodim se-Kodam IV/Diponegoro serta para pembuat Wabku (Pertanggung Jawaban Keuangan) jajaran Kodim se-Kodam IV/Diponegoro. Hadir juga dalam pertemuan ini Pasiter Kodim 0713/Brebes Kapten Inf. Sutarno.

Hasil inti pembahasan dalam pertemuan ini adalah, memaparkan pedoman administrasi satuan kerja (Satker) tugas pembantuan Ditjen PSP tahun 2018 yang antara lain adanya perubahan Satker tugas pembantuan di provinsi Jawa Tengah dari Satker TP Mandiri pada masing-masing kabupaten menjadi Satker TP Provinsi. Memberikan kesamaan persepsi guna mengeliminir kesalahan dalam penyelesaian administrasi Satker tugas pembantuan Ditjen PSP Tahun Anggaran 2018 serta pedoman untuk lebih meningkatan koordinasi pelaksanaan kegiatan prasarana maupun sarana pertanian antara provinsi, kabupaten/kota, Kodam dan Korem serta jajaran Kodim se Jawa Tengah.

Selanjutnya adalah penjelasan tekhnis terkait pelaksanaan kegiatan Brigade Alsintan di tingkat Kodim, Korem dan Kabupaten/Kota yang disampaikan oleh Kepala Balai Alsintan Distanbun Provinsi Jateng Ir. Bimo.

Sedangkan Kabid Sarpas Distanbun Provinsi Jateng Ir. Herawati Parastiyani juga menjelaskan secara tehnis pengelolaan air irigasi pertanian TP DITJEN PP Tahun 2018.

Kegiatan pertemuan dan rapat Evaluasi Upsus Pajale diakhiri dengan diskusi, pukul 16.00 WIB dilanjutkan dengan acara pembahasan dan Sosialisasi Pedoman Administrasi pada  Wabku Tugas Perbantuan Ditjen PSP tahun 2018, yang diikuti oleh para pembuat Wabku Kodim sampai dengan hari Jumat 9 Maret 2018. (Aan-red).

Dalam sambutannya Pabandya Wanwil Sterdam IV/Diponegoro Letkol Inf. Agus Musriyanto mengungkapkan “Pertemuan ini bertujuan untuk meningkatkan produksi maupun produktivitas pertanian menuju Jawa Tengah daulatan pangan. Tujuan ini bisa tercapai asalkan sinergitas antara dinas pertanian, instansi terkait pendukung Upsus Pajale dengan para Kelompok Tani (Poktan) terjalin dengan baik. Stafter Kodam IV/Diponegoro akan selalu berkoordinasi dengan pemerintah daerah guna mengupayakan agar perusahan-perusahaan daerah bisa bangkit sehingga tahun ini lahan tidur bisa dimaksimalkan dalam mendukung swasembada Jawa Tengah,” terangnya.

“Prestasi Jawa Tengah sebagai lumbung pangan yang harus dipertahankan sehingga dapat lebih meningkatkan kesejahteraan para petani, terutama dengan menanam produk sesuai dengan permintaan pasar. Untuk mencapai swasembada tersebut harus dimulai dari tingkat paling bawah yaitu desa, karena potensi daerah semuanya ada di desa. Dengan team work yang baik dan maksimal maka upaya meningkatkan kualitas Pajale dan lahan tidur dapat diatasi serta kedepan tidak ada lagi penyalah gunaan Alsintan dengan dibentuknya Brigade Alsintan. (Aan/trs)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman