Kakek 90 Tahun Apresiasi Pembersihan Kali Sigeleng Brebes - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad



Post Top Ad

Sabtu, 29 September 2018

Kakek 90 Tahun Apresiasi Pembersihan Kali Sigeleng Brebes


Bregasnews.com – Sanuri (90) pemilik dan petani bawang merah asal Desa Limbangan Kulon Rt/Rw. 02 Kecamatan Brebes, sangat senang dan mengapresiasi atas upaya dari pemerintah daerah, TNI-Polri dan warga masyarakat lainnya dalam membersihkan Sungai Sigeleng yang sudah puluhan tahun menjadi sumber air persawahannya.

Hal ini ia ungkapkan saat diwawancarai anggota Penerangan Kodim (Pendim) 0713 Brebes, di bantaran sungai saat kegiatan karya bhakti TNI pembersihan Sigeleng berlangsung. Jumat (28/9/18).

Kakek tersebut sangat berterimakasih, pasalnya kedepan dirinya akan lebih mudah dalam menyedot Sigeleng menggunakan pompa air guna mengaliri lahannya. Sebelumnya kendala utama baginya adalah sampah dan akar-akar tumbuhan liar (eceng gondok) yang sering menyumbat mesin pompanya sehingga cepat mengalami kerusakan.

Sanuri juga menceritakan dirinya menggunakan air dari sungai itu sejak jaman penjajahan Jepang dahulu. Jadi begitu vitalnya kali yang menjadi pembuangan utama air di Kecamatan Brebes yang bermuara kan di Pantai Randusanga. Oleh karenanya perlu kesadaran dari seluruh pihak untuk membantu mengatasi permasalahan sampah Brebes, dimulai dari pihak yang paling kecil yaitu kita sendiri untuk membiasakan membuang sampah pada tempatnya.

Penulis mengajak untuk membiasakan diri hidup bersih, sehingga akan mendapatkan bonus yaitu sehat, estetika lingkungan serta menjadi amal ibadah. Secara tidak langsung juga akan menghindarkan lingkungan dari bahaya banjir, membantu petani dan pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan pertanian dan perikanan dikarenakan debit air yang mengalir menjadi baik dan lancar dengan minimnya sampah.

Terakhir, pastinya jika sungai tersebut bersih akan bermanfaat bagi seluruh pihak terutama warga masyarakat yang bertani dan bermukim di sepanjang bantaran sungai, sebab akan meminimalisir banjir seperti pada musim penghujan Februari 2018 lalu.

Diketahui pembersihan dipimpin oleh Dandim 0713, Letkol Inf. Ahmad Hadi Hariono, Wakil Bupati Narjo SH, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) dan Pengelolaan Sampah Brebes, Drs. Edi Kusmartono dengan melibatkan personil Kodim, Yonif 407 Tegal, Posal Kluwut Kecamatan Bulakamba, anggota Polres, Satpol PP dan anggota dari Dinas LH ditambah masyarakat umum serta para pelajar SLTP dan SMA Kecamatan Brebes. (ts)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman