Normalisasi Saluran Pembuangan Sigeleng Desa Limbangan Brebes - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad



Post Top Ad

Sabtu, 29 September 2018

Normalisasi Saluran Pembuangan Sigeleng Desa Limbangan Brebes


Bregasnews.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Brebes serius dalam menangani permasalahan sampah khususnya di aliran Sungai Sigeleng Desa Limbangan Kecamatan Brebes.

Menggandeng Kodim 0713 dan Polres, bersama terkait Dinas Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Sampah Kabupaten Brebes, melaksanakan kegiatan pembersihan Sigeleng dari sampah dan tumbuhan liar (eceng gondok dan kangkung) melalui karya bhakti TNI memperingati HUT TNI Ke-73 tahun 2018. Jumat pagi (28/9/18).

Sebelum terjun ke sungai, terlebih dahulu dilaksanakan apel pagi pengecekan, pengarahan dan pembagian tugas oleh Dandim, Letkol Inf. Ahmad Hadi Hariono didampingi Wakil Bupati, Narjo, SH dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Sampah Brebes, Drs. Edi Kusmartono. Kegiatan dimulai setelah pejabat tersebut di atas masuk sungai menarik sampah dengan garpu sampah.

Dikatakan Dandim, pembersihan sampah di aliran Sungai Sigeleng selebar 12 meter dimulai dari Jembatan Desa Limbangan mengarah ke aliran Desa Randusanga Kulon. Upaya Kodim dalam membantu Dinas Lingkungan Hidup memerangi sampah, mitigasi banjir jelang musim penghujan serta mensukseskan program swasembada pangan melalui peningkatan debit air pada saluran irigasi khususnya di wilayah Kecamatan Brebes, dengan sasaran utama sungai tersebut.

Tak hanya warga sekitar yang mengapresiasi, para pelajar dari SLTP dan SMA/MAN di Kecamatan Brebes juga terlibat sambil melaksanakan jumat sehat (jalan sehat). Mereka terpanggil membantu TNI dan lainnya tanpa diminta.

“Saya sangat mengapresiasi para pelajar dan warga masyarakat sekitar yang dengan sukarela membantu TNI, Polri maupun dinas terkait membersihkan Sungai Sigeleng. Motivasi dan percontohan kepada warga masyarakat agar lebih peduli dengan kebersihan saluran irigasi membuahkan hasil dengan antusiasnya mereka membantu,” terang Dandim.

Selain Kodim, Polres, Dinas LH, masyarakat dan pelajar, turut membantu antara lain personil dari Yonif 407 Padmakusuma Tegal, Posal Kluwut Kecamatan Bulakamba yang dipimpin Danposal Pelda Saiful, Satpol PP, perangkat desa/kecamatan setempat.

Sementara dikatakan Edi Kusmartono bahwa pihaknya mengerahkan beberapa armada pengangkut sampah ditambah dengan mobil dari Dinas PU untuk mengangkut dan membuang ke TPA.

“Kami selaku dinas terkait sangat berterimakasih atas bantuan dari seluruh pihak termasuk masyarakat dan pelajar dalam mengatasi sampah di wilayah kerja kami. Semoga dengan lancarnya pembuangan Sigeleng menuju muara pantai Randusanga nanti, maka banjir yang pernah terjadi Februari 2018 lalu dapat dicegah.” ungkapnya.

Kegiatan serupa akan segera direncanakan sampai Sigelang terbebas dari sampah, tumbuhan liar dan tadah udang ataupun ikan. (ts)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman