Ribuan Peserta Ikuti Jalan Sehat Meriahkan Peringatan Haornas Ke 35 Di Alun-Alun Brebes - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Senin, 10 September 2018

Ribuan Peserta Ikuti Jalan Sehat Meriahkan Peringatan Haornas Ke 35 Di Alun-Alun Brebes


Bregasnews.com - Dalam  rangka Peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke 35 tahun 2018 di Kabupaten Brebes diperingati secara meriah yang tepatnya di Alun-alun Brebes, Minggu (9/9/18) pagi.

Bahkan acara tersebut diawali dengan upacara yang dipimpin Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti, SE, MH serta diikuti ribuan peserta yang terdiri TNI-Polri, ASN Pemkab. Brebes, pelajar dari SD, SMP, SMA dan SMK se-Kabupaten Brebes dan Gabungan Organisasi Wanita (GOW), dan masyarakat umum memadati area Alun-alun Brebes.

Selain itu Puncaknya peringatan Haornas ke 35 tahun 2018 ini, diselenggarakan Jalan Sehat dan dilanjutkan Lomba Senam Gemu Famire di Islamic Center Brebes .

Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti, SE, MH dalam membacakan amanat Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi menyampaikan Tahun ini adalah merupakan tahun olahraga. Kita tentu memahami bahwa Tahun 2018 ini banyak peristiwa-peristiwa penting dalam olahraga tanah air. Mulai dari Asian  Games, Asian Para Games, dan juga berbagai event nasional maupun Internasional di bidang olahraga prestasi, juga di bidang olahraga rekreasi seperti rekor dunia Poco-poco Nusantara, Festival Olahraga Tradisional Tingkat Nasional, Sepeda Nusantara, Gala Desa, Liga Sepakbola Berjenjang, dan lain-lain. 

Dalam tahun olahraga ini Bangsa Indonesia mendapat kado istimewa dengan suksesnya penyelenggaraan Asian Games dan juga sukses prestasi. Di Dalam mencapai prestasi tersebut, tentu tidak muncul secara tiba-tiba. “Prestasi lahir karena dipersiapkan secara matang dan sistematik serta dukungan semua pihak disertai doa dari seluruh masyarakat Indonesia,”kata Menpora.

Tahun ini pula kita semakin kuatkan olahraga rekreasi dan olahraga pendidikan sebagai fondasi menuju pembangunan olahraga yang lebih utuh termasuk di dalamnya membangun prestasi, “karena tidak akan ada prestasi kalau tidak ada partisipasi”. 

Dalam konteks pembangunan olahraga, sesuai Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dan juga ditindaklanjuti dengan Peraturan Menteri Nomor 18 Tahun 2017 tentang Gerakan Ayo Olahraga, kita sama-sama laksanakan gerakan olahraga secara masif dan meluas di semua lapisan masyarakat.

Masyarakat Indonesia yang masih rendah (dibawah 18%). Maka dengan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dan Gerakan Ayo Olahraga diharapkan akan menjawab permasalahan tersebut. Dengan kesegaran jasmani yang bagus, dengan kesehatan yang bagus maka akan memudahkan lahirnya bibit-bibit yang berpotensi menuju pentas dunia di masa selanjutnya, jelasnya.

Alhamdulillah, tahun ini banyak generasi muda kita telah menorehkan prestasi membanggakan. Seperti kita ketahui, ada Lalu Muhammad Zohri anak muda kita pelajar SMA telah menorehkan prestasi Juara Dunia U-20 melalui lari 100 meter. Kita lihat juga pemain catur Samantha dalam usia 10 tahun telah menjadi juara dunia. Belum lagi Wushu juga juara dunia pelajar kita. Tim sepakbola U-16 telah membuat prestasi gemilang di cabang sepakbola dengan menjuarai AFF, Timnas Pelajar juga menjuarai level Internasional baik U-12, U-15, angkat besi dan voli pasir, bulutangkis dan berbagai cabang-cabang olahraga lainnya telah sukses lolos Youth Olympic, ungkapnya.

Tema besar HAORNAS Tahun 2018 ini adalah “Ayo Olahraga, Bangun Indonesia”. Tema ini mengandung makna bahwa kita mengajak untuk berolahraga. Dengan berolahraga kita akan turut berpartisipasi membangun Indonesia secara keseluruhan yakni membangun jiwa yang sehat, membangun badan yang kuat.   Pembangunan di dalam olahraga adalah tidak hanya jasmani, tetapi juga rohani. Dengan sehat rohani kita berarti telah mendukung kebijakan Bapak Presiden tentang Revolusi Mental.

Dan melalui peringatan HAORNAS kita kuatkan lagi olahraga prestasi untuk menuju pentas yang lebih besar yakni di Olimpiade nantinya.  Kita dukung para atlet difabel yang akan berjuang di Asian Para Games 2018 di Jakarta, pungkasnya.

Dilanjutkan Bupati Brebes melepas jalan sehat yang didampingi Wakil Bupati Narjo, SH, Dandim 0713 /Bbs Letkol Ahmad Hadi Hadi Hariono, Kapolres Brebes AKBP Sugiarto, SH, SIK, MSi, Sekda Brebes Emastoni Ezam, SH, MH.

Untuk rute jalan sehat kali ini jarak sekitar 2 KM, Start Alun- alun Brebes – Jl. Gajah Mada – Jl. Laksda Yos Sudarso dan Finish di Islamic Center Brebes. (ts)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman