Bibit Bawang Merah Dikeluhkan Petani Mencapai 7,5 juta Per Kwintal - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Sabtu, 13 Juni 2020

Bibit Bawang Merah Dikeluhkan Petani Mencapai 7,5 juta Per Kwintal


Oleh : Teguh Aji Wiguno
Sabtu, 13 Juni 2020

Bregasnews.com - Petani bawang merah sekarang terkendala bibit  bawang merah yang   dalam kurun waktu 3 tahun ini harga paling tinggi.

Harga bibit  bawang  merah   mencapai melonjak  tiga kali  kipat dibanding enam atau tujuh bulan lalu, menyebabkan petani  enggan untuk menanam bawang merah.

Harga  bibit  tanaman bawang merah  mencapai harga yang sangat tinggi  harga per kilo Rp 75.000 .

Untuk lahan satu hektar itu paling tidak dibutuhkan satu ton atau mencapai bibit dengan harga sampai 75 juta rupiah . untuk proses penanaman ini itu butuh waktu dua bulan .

Tapi yang namanya petani , demi  menghidupi keluarga  semampunya tetap mereka  lakoni , hanya  saja yang biasa tanam satu bau , karena bibit mahal , akhirnya hanya tanam setengah bau  saja dan begitu  juga yang  biasanya tanam  setengah bau, kali ini hanya tanam  seperempat bau.

Dampak  luasnya  apabila terjadi kelangkaan bibit, maka harga  bawang merah  di pasaran juga tinggi, jelas ini  akan  mempengaruhi  daya beli  ibu rumah tangga  dan pedagang rumah makan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman