Kerja Keras Kader Posyandu Vaksin Covid-19 Melebihi Target - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Rabu, 22 Desember 2021

Kerja Keras Kader Posyandu Vaksin Covid-19 Melebihi Target


 


Bregasnews.com - Tim Lembaga Analisis Data dan Kajian Kebijakan Publik ( LANDEP ) mengkroscek sempat viralnya kader dan tenaga kesehatan Pukesmas Tonjong, kecamatan Tonjong, Kabupaten Brebes Jawa Tengah  yang dianggap piknik.


Dedy rochman HS selaku Ketua LSM Landep saat klarifikasi beberapa desa salah satunya didesa Purwodadi mengungkapkan hanya terjadi miskomunikasi antara pihak Pukesmas dengan pemerintah desa, dimana dijelaskan, sebenarnya program vaksinasi Pukesmas Tonjong tetap masih berjalan sesuai jadwal, dari waktu pukul 08.00 Wib sampai 21.00 Wib malam hari.


"Seperti dikatakan pak Sepi chairul anwar selaku Sekretaris Desa Purwodadi, menjelaskan bahwa pencapaian vaksin covid 19 di desanya terhitung per tanggal 17 desember 2021 sudah mencapai 95%.itu artinya semua pecapaian diatas rata-rata target yang hanya 70%" ungkapnya saat mengunjungi didesa purwodadi,selasa (21/12) kemarin" ungkapnya.


Masih dikatakan Dedy, terlihat di Puskesmas masih ada warga berdatangan untuk vaksin, baik dosis satu maupun dosis dua tetap berjalan lancar seperti biasanya, ada petugas nakesnya. Bahkan ada warga yang datang dari jauh-jauh tetap dilayani.


"Saya rasa kasus yang sempat viral seluruh kader dan tenaga kesehatan pergi ke Kebumen hari senin (20/12) kemarin,sebenarnya tidak ada masalah.Kegiatan itu bukan piknik petugas, melainkan kegiatan peningkatan kapasitas kader kesehatan, yang merupakan kegiatan rutin Puskesmas yang dilaksanakan kadang di dalam gedung, kadang di luar gedung." Ujar Dedy.


"Intinya bahwa walau ada kegiatan refreshing kader kesehatan dalam rangka peningkatan kapasitas kader kesehatan kegiatan di puskesmas tetap berjalan dan kegiatan vaksinasi di 7 Desa tetap jalan. Bahkan peningkatan kapasitas kader berangkat pagi pukul 06.00 WIB dan selesai pukul 14.00 langsung pulang , dan dilanjut vaksinasi dengan sweeping sampai malam."ungkap Dedy Rohman.


Ditempat terpisah kepala pukesmas tonjong  Sri Mulyani, S ST MM ditemui wartawan,selasa (21/12) mengatakan petugas yang mendampingi kegiatan peningkatan kapasitas kader kesehatan itu hanya beberapa orang, dan petugas lainnya tetap berada di Puskesmas untuk kegiatan vaksinasi. Dia menjelaskan pada hari Senin (20/12) kemarin, petugas vaksinasinya bertugas di SMP Negeri 2 Tonjong, di Puskesmas, Desa Tonjong, Desa Kalijurang, dan sweeping vaksin.


"Tidak semuanya ikut, ada petugas yang tetap bertugas. Mereka melalukan kegiatan seperti vaksinasi bahkan hari Senin juga ada jadwal vaksinasi malam di PMB (praktik mandiri bidan). Jadi tidak benar kalau dibilang hari ini tidak ada kegiatan vaksin," terang dia.(Teguh)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman