Pelatihan ”Road Safety Engineering” - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Rabu, 16 Maret 2022

Pelatihan ”Road Safety Engineering”



Dasar Pemikiran

Bregasnews.com - Salah satu faktor yang berkontribusi dan menjadi penyebab terjadinya kecelakaan adalah infrastruktur jalan. Oleh karena itu penyediaan infrastruktur yang 'lebih aman' berdampak dalam membantu mengurangi jumlah dan tingkat keparahan korban lalu lintas jalan. Dalam konteks  ini ada dua pendekatan yang saling melengkapi, yaitu pengurangan kecelakaan dan pencegahan kecelakaan. Pengurangan kecelakaan melibatkan tindakan yang dirancang untuk mengurangi jumlah dan tingkat keparahan kecelakaan berdasarkan pola yang sudah diketahui. Ini termasuk analisis kecelakaan dan langkah-langkah rekayasa perbaikan, dan strategi keselamatan jalan yang efektif. Pencegahan kecelakaan berkaitan dengan penerapan tindakan untuk mencegah terjadinya kecelakaan di masa yang akan datang. Ini termasuk Audit Keselamatan dan Pengguna Jalan pada semua infrastruktur atau perubahan baru, dan pelatihan dalam penyelidikan dan pencegahan kecelakaan.

Rekayasa keselamatan jalan memiliki ruang lingkup pembahasan mulai dari Sifat dan Dimensi Keselamatan Jalan, Sistem Manajemen Keselamatan, Faktor Manusia dalam Lalu Lintas Jalan, Lokasi Jalan Berbahaya, Diagnosis Masalah Kecelakaan Jalan, Desain Jalan, Delineasi, Pemeliharaan dan Konstruksi Jalan, Manajemen Lalu Lintas, Audit Keselamatan Jalan, dan Penilaian Program Keselamatan Jalan. Terkait dengan hal tersebut, maka Lembaga Pengembangan Profesi dan Teknologi Kepolisian (LP2TK) akan menyelenggarakan pelatihan ”Road Safety Engineering”.


*Tujuan Pelatihan*

Pelatihan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk membekali para peserta dengan pengetahuan di bidang rekayasa lalu lintas, faktor – faktor penyebab laka lantas, desain dan perencanaan geometrik jalan, dan sistem lalu lintas dari perspektif keselamatan.


*Subjek Pembahasan*

– Fundamentals of Traffic Engineering

Basic Characteristics of Motor-Vehicle Traffic, Highway Capacity, Applications of Traffic Control Devices, Traffic Design of Parking Facilities, Traffic Engineering Studies; Statistical Methods in Traffic Safety Analysis – Regression Methods, Poisson Distribution, Chi- Squared Distribution, Statistical Comparisons.

– Accident Investigations and Risk Management

Collection and Analysis of Accident Data, Condition and Collision Diagram, Causes and Remedies, Traffic Management Measures and Their Influence on Accident Prevention, Assessment of Road Safety, Methods to Identify and Prioritize Hazardous Locations and Elements, Determine Possible Causes of Crashes, Crash Reduction Capabilities and Countermeasures, Effectiveness of Safety Design Features, Accident Reconstruction

– Road Safety in Planning And Geometric Design

Vehicle And Human Characteristics, Road Design and Road Equipments, Redesigning Junctions, Cross Section Improvements, Reconstruction and Rehabilitation of Roads, Road Maintenance, Traffic Control, Vehicle Design and Protective Devices, Post Accident Care

– Role of Urban infrastructure design in safety

Geometric Design of Roads; Design of Horizontal and Vertical Elements, Junctions, At Grade and Grade Separated Intersections, Road Safety in Urban Transport, Sustainable Modes and their Safety.

– Traffic Management Systems

for Safety, Road Safety Audits and Tools for Safety Management Systems, Road Safety Audit Process, Approach to Safety, Road Safety Improvement Strategies, ITS and Safety.


*Informasi lebih lanjut hubungi :*

- Bu Nuni : 0813-8330-7997

- Pak Tata : 0815-7897-7777


*Referensi :*

- Traffic Engineering and Transportation Planning – L.R. Kadiyali, Khanna Publishers

- Fundamentals of Transportation Engineering – C.S. Papacostas, Prentice Hall India.

- Transportation Engineering – An Introduction, C.Jotinkhisty, B. Kent Lall

- Fundamentals of Traffic Engineering, Richardo G Sigua

- Handbook of Road Safety measures, second Edition, Rune Elvik, Alena Hoye, Truls Vaa, Michael Sorenson

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman