Mahasiswa KKN UIN Gus Dur Pekalongan Gelar Sosialisasi Pencegahan dan Penyuluhan Stunting - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Senin, 17 Oktober 2022

Mahasiswa KKN UIN Gus Dur Pekalongan Gelar Sosialisasi Pencegahan dan Penyuluhan Stunting

 


Tegal (Bregasnews.com) – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan kelompok 32 Desa Dukuhjati Kidul adakan kegiatan sosialisasi penyuluhan dan pencegahan stunting bagi warga masyarakat Dukuhjati Kidul dalam rangka menanggulangi stunting di Desa Dukuhjati Kidul Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal bertempat di balaidesa Dukuhjati Kidul Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal.  (15/10)


Kegiatan Sosialisasi Penyuluhan dan Pencegahan Stunting Bagi Masyarakat Desa Dukuhjati Kidul dihadiri oleh perangkat desa Dukuhjati Kidul, Bidan Desa Dukuhjati Kidul, Mahasiswa KKN serta tamu undangan yang menghadiri. Kegiatan ini menghadirkan narasumber yang kompeten di bidangnya yang tergabung dalam Persatuan Ahli Gizi (PERSAGI)  Kabupaten Tegal Ibu Naniek Herlina. 


Alamin selaku Sekretaris Desa Dukuhjati Kidul dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan sosialisasi, “Saya mengapresiasi kegiatan yang diadakan oleh mahasiwa KKN untuk mensosialisasikan penyuluhan dan pencegahan stunting kepada warga Dukuhjati Kidul”, tuturnya.



Naniek Herlina selaku pemateri pada kegiatan ini menyampaikan tentang pengertian stunting karena banyak masyarakat yang belum memahami apa itu stunting. “Memang kebanyakan masyarakat belum memahami apa itu stunting”. tegasnya

Ia juga menyampaikan bahwa dengan adanya salah satu program kerja mahasiswa KKN yang berupa sosialisasi penyuluhan stunting ini, masyarakat dapat mengerti apa penyebab stunting dan bagaimana cara mencegahnya. Naniek dalam penjelasannya membahas tentang nutrisi yang harus dikonsumsi anak untuk mencegah stunting di mana hal tersebut dapat dicegah sejak bayi masih dalam kandungan serta ASI ekslusif agar anak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.


Diakhir kegiatan, salah satu perwakilan bidan desa Dukuhjati Kidul menyampaikan pemaparan  salah satu program dari Pemerintah Daerah Kabupaten Tegal dalam mencegah stunting yakni Pemberian Makanan Tambahan (PMT) bagi anak yang memiliki berat badan kurang. Para warga Desa Dukuhjati Kidul antusias pada kegiatan sosialisasi tersebut. Hal ini terlihat saat warga menyimak acara dari awal hingga akhir. 


Harapan dengan diselenggarakannya kegiatan ini nantinya masyarakat dapat memahami bagaimana cara mencegah stunting yang saat ini sedang mengalami angka pertumbuhan yang begitu banyak di Kabupaten Tegal saat ini. Nantinya setelah kegiatan ini, warga masyarakat dapat berperan dalam mengurangi angka stunting yang terjadi. (MA/AF)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman