Mahasiswa KKN UIN Gusdur Pekalongan Gelar Sosialisasi Sex Education - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Sabtu, 22 Oktober 2022

Mahasiswa KKN UIN Gusdur Pekalongan Gelar Sosialisasi Sex Education

 


Bregasnews.com (Tegal) - Mahasiswa KKN angkatan 54 kelompok 76 UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan menggelar sosialisasi pendidikan seks. Sosialisasi berlangsung secara kondusif di SDN 01 Warureja. Sabtu, (22/10).


Sosialisasi "Sex Education" adalah bentuk nyata untuk menjawab tuntutan kampus dalam menjalankan program kerja selama  KKN (Kuliah Kerja Nyata). Kendati demikian, pemilihan edukasi seks kepada anak-anak menjadi satu dari 4 program kerja yang digalakan mahasiswa KKN kelompok 76. Hal tersebut bertujuan untuk menghilangkan stereotip masyarakat akan pentingnya pendidikan seks yang masih dianggap tabu. 


Sosialisasi tersebut menyasar kepada anak-anak kelas 6 SD yang berusia 12-15 tahun. Acara dibuka dengan sambutan dari Ayu Winarsih selaku ketua pelaksana dan dilanjutkan oleh Sutarto selaku Kepala Sekolah SDN 01 Warureja. 


"ilmu itu mahal. Didengarkan materinya suapaya mengerti namun tidak perlu menirunya hanya untuk edukasi saja." ujar Sutarto.


Materi yang disampaikan pun sederhana, mulai dari pengenalan anggota tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh, cara menjaga alat reproduksi, hingga seruan terhadap kekerasan seksual. Khairunnisa'Azmi Inayati sebagai pemateri mampu menyuarakan hal tersebut kepada peserta dengan cakap. 



Tujuan dari adanya sosialisasi ini adalah sebagai seruan agar pendidikan seks tidak lagi dianggap tabu oleh masyarakat. Pentingnya pendidikan seks sejak dini diharapkan mampu mencegah terjadinya kekerasan seksual. 

"Terima kasih atas kesempatan telah diberi ruang. Harapan bisa bermanfaat bagi siswa maupun masyarakat luas." pungkas Ayu

(Inneka Elok Heromia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman