Mahasiswa KKN UIN Gus Dur Pekalongan Gelar Dialog Kebangsaan Bersama DPC Petanesia Kabupaten Tegal - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Kamis, 10 November 2022

Mahasiswa KKN UIN Gus Dur Pekalongan Gelar Dialog Kebangsaan Bersama DPC Petanesia Kabupaten Tegal

  


Tegal (Bregasnews.com) - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan menggelar kegiatan Dialog Kebangsaan dengan mengusung tema "Meneguhkan Semangat Nasionalisme dalam Bingkai Keberagaman Beragama" dalam rangka peringatan hari pahlawan dan malam perpisahan mahasiswa KKN, bertempat di Balaidesa Dukuhjati Kidul. (10/11)


Kegiatan ini dihadiri oleh kepala desa beserta perangkat desa Dukuhjati Kidul, Pengurus Nahdlatul Ulama, Pengurus Muhammadiyah, pengurus IPNU-IPPNU, Tokoh Masyarakat, beserta Warga masyarakat Dukuhjati Kidul.


Kegiatan ini dibuka dengan penampilan tari tradisional, pembacaan puisi, dilanjutkan pemotongan tumpeng, launching video profil desa dan dokumenter desa Dukuhjati Kidul. Kemudian dilanjutkan acara inti yakni Dialog Kebangsaan.


Kegiatan dialog kebangsaan menghadirkan narasumber yang kompeten di bidangnya, yakni, H. Itmam Aulia Rakhman pengurus Dewan Pimpinan Cabang Pencinta Tanah Air Indonesia (DPC Petanesia) Kabupaten Tegal yang mengisi materi pada malam peringatan hari pahlawan dan malam perpisahan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata.


Itmam selaku narasumber menuturkan bahwasanya cinta tanah air sebagai wujud nasionalisme, "cinta tanah air sebagai wujud masionalisme, Cinta tanah air adalah naluri manusia dan cinta tanah air tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip agama", tuturnya


Diakhir acara, Mishbahul Anam selaku moderator dialog kebangsaan juga menyampaikan nilai yang terkandung dalam merah putih, "didalam merah putih itu terdapat kandungannya, yang mana terdiri dari harga diri bangsa, jatidiri bangsa dan kehormatan bangsa, yang tak lepas dari kekuatan nasionalisme. Ini merupakan salah satu pesan dari Maulana Habib Luthfi bin Yahya yang wajib kita pertahankan", tegasnya.


Diakhir kegiatan dialog kebangsaan ini diakhiri dengan doa untuk keselamatan bangsa, yang dimana dikhususkan juga kepada para pahlawan bangsa yang telah memperjuangkan dan mempertahankan bangsa Indonesia.


Harapan dengan adanya kegiatan ini nantinya pemuda, mahasiswa maupun seluruh elemen masyarakat dapat lebih memperkokoh rasa semangat cinta tanah air dan persaudaraan sesama bangsa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman