Pusdiklat PRAWITA GENPPARI Gelar Pelatihan :”PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN AKSES KEAMANAN” - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Selasa, 20 Juni 2023

Pusdiklat PRAWITA GENPPARI Gelar Pelatihan :”PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN AKSES KEAMANAN”



Dasar Pemikiran

Strategi dalam membuat perencanaan dan pengendalian terhadap akses orang pada dasarnya merupakan konsep dasar dalam merancang pencegahan kejahatan. Konsep ini harus diaplikasikan dengan pengawasan pada operasionalnya untuk mengendalikan tindak kriminal yang tidak dapat diduga. Strategi ini dapat dilaksanakan dalam dua cara, yaitu cara pencegahan dan penaggulangan. Metode pencegahan tindakan kriminal adalah dengan pengamatan perilaku dan pembentukan lingkungan binaan anti tindakan kriminalitas melalui desain-desain tertentu. Sedangkan metode penanggulangan adalah dengan belajar dari tidakan kriminal yang sudah terjadi untuk kemudian dievaluasi dan dijadikan masukan desain di masa mendatang. 

Bagaimanapun strategi ini belum tentu dapat digunakan pada setiap situasi. Bisa saja diperlukan penggabungan dari dua metode tersebut untuk mendapatkan keluaran desain bangunan/lingkungan anti tindakan kriminal. Kemanan dalam suatu bangunan dan lingkungan diperlukan oleh manusia dalam upaya perlindungan diri. Pertahanan diri sebagai pencegahan akses terlarang pada hal-hal tertentu, perlingdungan terhadap spionase, sabotase, kerusakan dan tindakan kriminal lainnya. Bangunan sepatutnya dirancang untuk dapat meminimalisir potensi dari tindakan kriminal. Rancangan tersebut merupakan antisipasi terhadap resiko-resiko eksternal yang tidak terduga dari bangunan tersebut. Langkah awalnya dari pembatasan dan pengendalian aksesibilitas.


*Tujuan*

Tujuan penyelenggaraan pelatihan ini adalah untuk membekali para peserta dengan pengetahuan dan keterampilan dalam mempraktekan ilmu perencanaan dan pengendalian akses orang dalam rangka pencegahan kriminalitas.


*Subjek Pembahasan*

- Sistem Keamanan Pasif (Passive Security)

- Sistem Keamanan Aktif (Active Security)

- Sistem Identifikasi (Identification Control)

- Metode Kontrol (Methods of Control)

- Tempat Terlarang (Restricted Area)

- Jalan Tersembunyi (Concelaed Route)

- Daerah Jebakan (Entrapment Area)

- Jalan Terisolasi (Isolated Route)


*Informasi lebih lanjut terkait pelatihan ini dapat menghubungi :*

- Bu Ria : 0813-9555-2289

- Bu Ines : 0813-2498-5928

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman