Pusdiklat PRAWITA GENPPARI Gelar Pelatihan : ”PRINSIP DESAIN AMAN TERORISME” - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Selasa, 20 Juni 2023

Pusdiklat PRAWITA GENPPARI Gelar Pelatihan : ”PRINSIP DESAIN AMAN TERORISME”

 


Dasar Pemikiran

Kata “Keamanan” merupakan kata sifat “aman” yang berasal dari arti kata security, dimana memiliki arti bebas dari bahaya. Pengertian keamanan terkait untuk menghindari penyerangan, terorisme, sabotase, dan tindakan kriminal (seperti pencurian, atau perampokan). Jika dikaitkan dengan bangunan, keamanan bangunan adalah kondisi bebas dari resiko yang berkaitan dengan nyawa manusia di dalamnya dan asset bangunan yang di dalam bangunan oleh akibat adanya pihak ketiga yang ikut campur seperti tindakan kriminal.

Sistem perlindungan keamanan dari tindakan kriminal, khususnya terorisme sangat bergantung pada sistem bangunan yang teraplikasi pada desain bangunan. Sebagai upaya pencegahan dan pananggulangan tindak kriminal pada bangunan, desain dan perencanaan fisik yang tepat pada bangunan dapat mengurangi tindak kriminalitas. Bagaimana pun, untuk menjadi efektif ada beberapa hal yang harus diperhatikan hubungan-hubungannya. Ada beberapa konsep terkait sistem perlidungan kemananan dari tidak kriminal, yaitu teritorialitas, natural surveillance (pengawasan oleh manusia), natural access control (penggunaan elemen fisik bangunan), dan maintenance dan managemen melalui defensible space (ruang anti tindakan kriminal). 

*Tujuan*

Tujuan penyelenggaraan pelatihan ini adalah untuk membekali para peserta dengan pengetahuan dan keterampilan dalam mempraktekan ilmu desain bangunan dan kawasan yang aman dari kemungkinan munculnya tindak kejahatan terorisme.


*Subjek Pembahasan*

- Vandalisme Grafiti

- Kendaraan Bom

- Serangan Bersenjata Jarak Jauh

- Balistik

- Pemaksaan Masuk

- Penyusupan dan Penyamaran

- Pengawasan dan Penyadapan

- Pengiriman dan Pemasokan Bom

- Kontaminasi Kimia dan Botani


*Informasi lebih lanjut terkait pelatihan ini dapat menghubungi :*

- Bu Ria : 0813-9555-2289

- Bu Ines : 0813-2498-5928

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman