Pelatihan 1 hari : Seni Pengambilan Foto dan Teknik Penyusunan Narasi Publikasi Kehumasan - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Selasa, 29 Agustus 2023

Pelatihan 1 hari : Seni Pengambilan Foto dan Teknik Penyusunan Narasi Publikasi Kehumasan

 


Dasar Pemikiran

Humas menurut Cutlip, Center, dan Brom dalam bukunya “Teori dan Praktik PR” menyatakan Humas (public relation) adalah fungsi manajemen yang mengidentifikasi, membangun, dan  mempertahankan hubungan yang saling menguntungkan antara organisasi dengan berbagai publik yang menjadi penentu kesuksesan dan kegagalannya. Adapun peran Humas menurut Dozier dan Broomada ada 4 yaitu Penasehat Ahli (Expert Prescriber), Fasilitator Komunikasi (Communication Facilitator), Fasilitator Proses Pemecahan Masalah (Problem Solving Process Fasilitator), dan Teknisi Komunikasi (Communication Techinician). Dengan demikian humas memiliki fungsi dan peran yang sangat strategis dalam suatu organisasi dalam membangun relasi dan sekaligus menjaga kohesi sosial yang sedang dan sudah terbangun untuk kepentingan organisasi.

Salah satu keterampilan teknis yang harus dimiliki oleh pengemban fungsi kehumasan adalah ‘Seni Pengambilan Foto dan Teknik Penyusunan Narasi Publikasi’ sehingga ada teknik pengambilan foto yang tepat dan fokus pada maksud dan tujuan kegiatan, dimana akan bermuara para penulisan narasi yang edukatif dan persuasif untuk kepentingan publikasi organisasi / institusi. Berhubung hal ini menjadi core competency kehumasan, maka dipandang perlu untuk dilatihkan kepada seluruh personil yang terkait dengan fungsi kehumasan agar diseminasi informasi dalam publikasi dan dokumentasi menjadi tertata apik dan profesional.


*Tujuan Pelatihan*

Pelatihan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk membekali seluruh peserta dengan wawasan, pengetahuan dan keterampilan dalam pengambilan foto untuk kepentingan dokumentasi dan publikasi, serta memahami dalam pembuatan narasi kegiatan organisasi untuk kepentingan publikasi media.


*Subjek Pembahasan*

- Dasar Pemotretan dan Fotografi

- Tujuan Pengambilan Foto Kegiatan

- Penggunaan Fiut Zoom

- Posisi Kamera / Handphone yang stabil

- Dasar Komposisi Foto

- Arah Cahaya

- Angel dan Perspektif Pengambilan Foto

- Keterampilan Menulis Narasi

- Unsur Bahasa, Bentuk Narasi dan Pilihan Kosa Kata

- Prapenulisan (prewriting)

- Pembuatan Draf (drafting)

- Perevisian (revising)

- Pengeditan (editing)

- Pemublikasian (publising/sharring)

- Penyisipan Paragrap Persuasif

- Teknik Membangun Narasi Promotif


*Informasi lebih lanjut terkait pelatihan ini dapat menghubungi :*

- Bu Ria : 0813-9555-2289

- Bu Ines : 0813-2498-5928

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman