PRAWITA GENPPARI Jelaskan Konsep dan Implementasi Inovasi Desa Wisata - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Senin, 05 Februari 2024

PRAWITA GENPPARI Jelaskan Konsep dan Implementasi Inovasi Desa Wisata



Bregasnews.com - " Seiring dengan komitmen pemerintah dalam menumbuhkembangkan desa wisata di tanah air, tampaknya direspon positif oleh banyak masyarakat pedesaan. Hal ini tampak dari munculnya berbagai desa wisata di tanah air. Namun demikian, saat ini muncul beberapa kekecewaan karena konsep dasar desa wisata tampaknya stagnan di bidang pembangunan, sementara itu masih miskin ide dalam mendatangkan wisatawan. Padahal tujuan akhir desa wisata adalah datangnya para wisatawan yang berdampak pada pergerakan ekonomi masyarakat di desa. Disinilah pentingnya inovasi desa wisata dalam beberapa bidang ", ujar Ketum DPP PRAWITA GENPPARI Dede Farhan Aulawi di Bandung, Minggu (4/2).


Hal tersebut ia sampaikan setelah dirinya mengunjungi beberapa desa wisata untuk melakukan evaluasi konsep dan implementasi desa wisata. Menurutnya, desa wisata merupakan salah satu bentuk upaya pemberdayaan masyarakat desa yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan menciptakan lapangan kerja baru dan peningkatan sumber pendapatan. Sebagaimana diketahui bersama bahwa saat ini memang bermunculan tempat wisata baru di desa - desa, tetapi tidak semua dapat berjalan dan berkembang dengan baik. Selain dikarenakan pengelolaan yang kurang profesional, banyak wisata yang tidak memiliki kemampuan sumber daya manusia yang baik dan kompeten untuk mempromosikan dan memasarkan wisatanya kepada calon wisatawan yang biasanya berasal dari luar daerah bahkan wisatawan asing.


Oleh karena itu diperlukan berbagai terobosan inovatif, misalnya melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi agar  permasalahan di atas bisa teratasi. Dari sisi pemerintah sistem ini dapat digunakan untuk memonitor desa wisata melalui indikator yang diberikan baik untuk kepentingan administrasi maupun perencanaan pengembangannya.


Disinilah pentingnya pengembangan SDM kepariwisataan yang terprogram, terstruktur dan berkesinambungan. Kemenparekraf dan Disparbud memikul peran dan tanggung jawab yang besar dalam hal ini. Para pegiat pariwisata bisa ikut andil membantu. Pegiat pariwisata tidak memiliki anggaran, pegawai yang digaji, maupun fasilitas operasionalnya. Semua ada di pemerintah atau investor swasta. 


" Untuk itulah kerjasama seluruh pihak terkait sangat penting sekali. Dan perlu diingat tujuan Inovasi sendiri adalah untuk mensejahterakan masyarakat desa melalui desa wisata agar memperoleh lapangan pekerjaan baru dan sumber pendapatan. Dengan demikian diharapkan dengan adanya kegiatan desa wisata masyarakat desa bisa terserap untuk memajukan desanya sendiri. PRAWITA GENPPARI siap membantu guna meningkatkan pemahaman dan kompetensi sdm-nya ", pungkas Dede.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman