Ratusan Pelajar SMA Sederajat di Brebes Ikuti Seleksi Anggota Paskibra yang digelar Kesbangpol - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Rabu, 06 Maret 2024

Ratusan Pelajar SMA Sederajat di Brebes Ikuti Seleksi Anggota Paskibra yang digelar Kesbangpol

  


Bregasnews.com - Ratusan pelajar SMA se-derajat dari Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, turut serta dalam seleksi anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) tingkat kabupaten tahun  2024 yang digelar oleh Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) setempat . 


Seleksi anggota Paskibra yang dibuka oleh Sekda Brebes, Djoko Gunawan ini, bertujuan untuk membentuk generasi muda yang memiliki semangat nasionalisme, disiplin, dan tanggung jawab. 


"Para pelajar diuji melalui serangkaian tahapan seleksi," kata Djoko Gunawan, Rabu 6 Maret 2024.


Proses seleksi ini diawasi oleh tim penilai yang terdiri dari unsur TNI Kodim Brebes dan Polres setempat serta pihak terkait yang berpengalaman dalam bidang kepemudaan dan pendidikan. Mereka akan menilai setiap peserta berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan untuk memilih para calon anggota Paskibra yang berkualitas.


Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Brebes, Moh. Sodik, menambahkan, proses seleksi anggota Paskibra tingkat kabupaten tahun 2024 ini, diikuti sebanyak 328 peserta yang dimulai sejak 28 Februari sampai 7 Maret 2024.


Kemudian, dari sebanyak 328 peserta ini, yang dinyatakan lulus seleksi administrasi sebanyak 161 peserta. Mereka mengikuti  tahapan seleksi berbasis sistem Computer Assisted Test (CAT) Pancasila dan Wawasan Kebangsaan yang sudah dilaksanakan pada 1 Maret 2024 lalu. Hasilnya, sebanyak 153 peserta dinyatakan lulus.


Selanjutnya, dari 153 peserta itu, mereka mengikuti tahapan seleksi berbasis CAT terkait intelegensi umum pada 4 Maret 2024 dan yang dinyatakan lulus ke tahapan tes kesehatan sebanyak 151 peserta.


Pada tahapan seleksi/tes kesehatan yang telah dilaksanakan pada 5 Maret 2034 ini, menjadi 116 peserta yang dinyatakan lulus seleksi ketahapan parade, PBB dan kesamaptaan.


"Mereka berjumlah 116 peserta yang lulus seleksi parade, PBB dan kesamaptaan, hari ini sedang dilaksanakan. Tempatnya di Stadion Karangbirahi dan gedung GOR Sasana Krida Adhi Karsa Brebes," kata Sodik, saat dikonfirmasi, Rabu 6 Maret 2024.


Selanjutnya, kata Sodik, untuk tahapan seleksi berikutnya adalah tes kepribadian di Markas Kodim Brebes pada Kamis 7 Maret 2024 besok.


"Nantinya dari total 116 peserta itu,  hanya 36 peserta anggota paskibraka yang akan dipilih menjadi bagian dari pasukan pengibar bendera pusaka tingkat Kabupaten Brebes tahun 2024," terangnya.


Ia berharap melalui seleksi Paskibra ini, generasi muda dapat terus menjadi garda terdepan dalam menjaga dan memperjuangkan keutuhan dan kedaulatan bangsa. 


"Semoga para pelajar yang berpartisipasi dalam seleksi ini dapat menjadi teladan bagi seluruh generasi muda di Kabupaten Brebes," pungkasnya.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman