Pandansari Pulau Eksotis Yang Mengapung Di Tengah Laut - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Kamis, 08 September 2016

Pandansari Pulau Eksotis Yang Mengapung Di Tengah Laut


Bregasnews.com – Masyarakat Brebes mungkin banyak yang belum tahu bahwa kurang lebih 8 km barat laut dari jantung kota Brebes, sebelah utara desa Sawojajar, sebelah barat obyek wisata pantai Randu sanga indah (PAR’IN) terdapat sebuah pulau kecil tanpa huni yang mempunyai daya eksotik tersendiri karena letaknya berada 3 mil dari ujung pantai Pandan Sari desa Kaliwlingi.

Sebuah pulau kecil berpasir yang luasnya dipengaruhi oleh pasang surut air laut dengan bentuk memanjang 500 m dan lebar 50 m (keadaan air surut). Karena letaknya dikelilingi oleh air laut maka tak heran bila kita berkunjung ke pulau tersebut maka Suasana sejuk akan terasa meski dalam keadaan terik matahari. Bagi wisatawan yang hendak berkunjung ke pulau ini, masyarakat setempat telah menyediakan sarana perahu motor yang diperoleh dari bantuan dinas pariwisata Kab. Brebes.

Sardi selaku anggota paguyuban Mangrove Sari mengatakan ‘’Hanya menempuh 15 menitan dengan menyewa perahu motor kita bisa sampai ke tempat tujuan, karena masih tahap promosi maka kami hanya memasang tarip Rp 15 000/orang untuk sekali sewa pulang pergi dan kami siap menyediakan pemesanan kuliner bagi yang hendak berkunjung secara rombongan dengan menu favorit khas Pandansari” terang Sardi kepada awak media ini, Kamis (11/11/15).

“Selaku warga Pandan Sari kami merasa bangga karena di sini kita memiliki hutan bakau yang banyak dikunjungi dari elemen masyarakat baik lokal maupun luar negeri khususnya bagi pecinta alam hayati terutama dalam kajian reservasi bakau, kami banyak kedatangan tamu dari akademisi kampus dari Semarang, Bandung, Jakarta dan juga pernah dari Jerman. Mereka sangat tertarik dengan suasana hutan bakau di sini” kata Sardi.

Bukan hanya saja pulau kecil yang seakan-akan mengapung di tengah tengah laut, Pandansari juga mempunyai variasitas destinasi wisata yang bisa menarik para pengunjung melebihi dari obyek wisata lainnya, semisalnya hamparan hutan bakau seluas 180 H, yang ke depannya telah direncanakan akan di bangun lintasan kayu ( wood tracking ) sejauh 1,8 km dengan dilengkapi menara pandang di ujungnya, diharapkan dapat menjadi sebuah stimulasi bagi para wisatawan dalam menikmati keindahan alam hayati hutan bakau. Bukan hanya bertumpu sebagai obyek wisata yang berbasis eko kelautan saja, dengan memperkenalkan hutan bakau diharapkan menjadi dasar edukasi kepada masyarakat betapa pentingnya pelestarian alam hayati bakau untuk menanggulangi abrasi pantai khususnya wilayah pantai di sepanjang pantura.

Sepanjang pemantauan dari Bregasnews.com, sebagai obyek wisata yang belum tereksplorasi secara maksimal oleh Pemda Kab. Brebes dikarenakan akses jalan yang belum memadahi, Pandansari tidak bisa terlepas dari paguyuban Mangrove Sari yang dipimpin oleh Rusjan. Bukan hanya menjadi peringkat ke III dalam lomba Penghijauan dan Konservasi Alam tingkat propinsi Jawa Tengah, pada tahun 2012 paguyuban ini juga telah mendapatkan penghargaan KALPATARU oleh Presiden baru kita ir. Joko Widodo pada awal tahun kepemimpinannya.

Dengan berbagai penghargaan yang diperolehnya maka sudah cukup pantas Pandan Sari menjadi sebuah obyek wisata pertanian, kehutanan, kemaritiman dan kelautan yang bisa menjadi ekpektasi pemasukan pendapatan pembangunan bagi pemerintah daerah tingkat II Brebes.(kmr)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman