Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Brebes Gelar Lomba Tingkat (LT) III Regu Pramuka Penggalang - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Rabu, 14 Desember 2016

Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Brebes Gelar Lomba Tingkat (LT) III Regu Pramuka Penggalang


Bregasnews.com (Banjarharjo) – Acara diselenggarakan diobyek wisata Waduk Mahalayu, Desa Mahalayu Kecamatan Banjarharjo, Selasa (13/12).

Kegiatan dilaksanakan selama tiga hari ini (13-15 Desember) mengambil tema “Pramuka Penggalang : Disiplin, Berani dan Berprestasi”. Selain itu, LT III tersebut juga diikuti oleh 272 peserta pramuka dan 58 pembina dari perwakilan 17 Kecamatan se-Kabupaten Brebes.
Dalam sambutannya, Ketua Kwarcab Brebes Emastoni Ezam menyebut, LT III ini bertujuan untuk membina dan menghayati point-point yang ada di Trisatya dan Dasa Darma Pramuka itu harus bisa bersikap jujur.

“Dalam lomba ini juga kita mengedepankan kejujuran. Ini tidak lain untuk menanamkan jiwa Dasadarma Pramuka ke siswa dan seluruh peserta yang mengikuti LT III merupakan Gugug depan  (Gudep) yang sebelumnya diseleksi di tingkat kwaran (kecamatan) atau yang biasa disebut LT II, mereka berhak mengikuti LT III (tingkat kewarcab),” ungkapnya.

“Selanjutnya Pramuka Penggalang yang terbaik di LT III berhak  mewakili Kabupaten Brebes untuk ikut perlombaan LT IV yang direncanakan April mendatang,” katanya.

Dirinya berharap Kwarcab Brebes dapat menampilkan permainan terbaik nya. Dengan demikian, brebes dapat mengulangi prestasi yang sebelumnya didapat oleh peserta di perlombaan yang sama. Terkait Kwaran (Kwartir Ranting) sirampog yang tidak hadir dalam LT. Ketua Kwarcab Brebes Emastoni Ezam akan memanggil dan mengevaluasi atas krtidakhadiran kwaran tersebut. “Tetap nanti kita akan evaluasi, alasannya kenapa mereka (Kwaran Sirampog) ini tidak hadir,’ ucapnya.

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Bina Muda Kwarcab Brebes Tarjono menyebutkan, kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan Regu Penggalang untuk ikut di LT IV tahun depan. Dimana, dalam LT III ini seluruh peserta didik tentang pembentukan karakter, kedisiplinan, kemandirian kerjasama dan lainnya.

“Apalagi pramukasaat ini harus bisa mendidik dan membentuk karakter siswa sedini mungkin,’ jelasnya.

Dia Menambahkan, dalam LT III ada beberapa penilaian, diantaranya penilaian persioapan barang, pertendaan, lomba PBB, senam tongkat, LCTP (Lomba Cerdas Tangkas Pramuka), Pioner, hastakarya, memasak dan seni tradisional (tari kreasi daerah).

Dalam kegiatan ini turut hadir Ketua Kwarcab Brebes Emastoni Ezam, Dandim 0713/Brebes Lerkol Inf Ahmad Hadi Hariono, Kasi Bina Muda Kwarcab Brebes Tarjono, Danramil 14/Banjarharjo Kapten Inf Hartoyo, para Ketua Kwaran se- Kabupaten Brebes, peserta pramuka dan pembina dari perwakilan 17 Kecamatan se-Kabupaten Brebes.(Trish)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman