Kodim 0713/Brebes Bersama Warga Gelar Karya Bhakti Normalisasi Sungai - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Rabu, 15 Maret 2017

Kodim 0713/Brebes Bersama Warga Gelar Karya Bhakti Normalisasi Sungai


Bregasnews.com (Tonjong) - Prihatin terhadap kondisi yang terjadi di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Pedes wilayah Dukuh Karangjati, Kecamatan Tonjong, ratusan warga terdiri anggota Koramil 09/Tonjong, komunitas Orang Indonesia (OI), Persatuan Setia Hati Teratai (PSHT) dan warga sekitar, menggelar karya bhakti untuk melakukan normalisasi secara manual di aliran sungai tersebut. Minggu (12/03/2017).
           
Normalisasi dilakukan menyusul tergerusnya tebing sungai akibat banjir besar beberapa waktu lalu, hingga mengancam keberadaan pemukiman warga. “Terjadi perubahan alur sungai Pedes, dimana dalam perkembangannya saat ini cenderung mengarah ketebing yang diatasnya terdapat pemukiman warga,” kata elifin Ristian, kordinator kegiatan.
           
Sejak longsor akibat tergerusnya tebing sungai Pedes  yang terjadi pada bulan Februari lalu, belum nampak adanya upaya pengamanan disekitar tebing. Padahal, lokasi tersebut merupakan kawasan pemukiman, dengan jarak antara bibir tebing dengan pemukiman sungai setinggi lebih dari 25 meter.
           
Kepala Desa Tonjong Mashudi membenarkan kondisi yang terjadi diwilayah tersebut penanganan terhadap tebing longsor tidak cukup sebatas melakukan pengamanan tebing dengan membangun talut maupun bronjong penahan saja. Kalau hanya dilakukan untuk pengamanan tebing, arus sungai tetap menjadi ancaman. Sebab yang terjadi sekarang arus sungai mengarah langsung ke tebing pemukiman warga.

Sementara itu, Danramil 09/Tonjong menyampaikan kegiatan normailisasi sungai pedes selain sebagai silaturahmi juga sebagai kepedulian terhadap bencana alam yang ada diwilayah, juga mendapat perhatian dari masyarakat luar wilayah Kecamatan Tonjong, hal ini ditunjukan dengan kehadiran OI yang datang dari wilayah Cilacap dan Pemalang.(Tris)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman