Yuuk, Sukseskan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional Kabupaten Brebes Tahun 2017 - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Sabtu, 29 April 2017

Yuuk, Sukseskan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional Kabupaten Brebes Tahun 2017


Bregasnews.com - Apel dalam rangka Yuuk sukseskan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional Kabupaten Brebes tahun 2017 dengan tema " Dengan Membangun Kesadaran, Kewaspadaan Dan Kesiapsiagaan Dalam Menghadapi Bencana " selaku pimpinan apel, Sekda Kabupaten Brebes Emastoni Ezam, SH,HMM dan Komandan Apel Agus Tusmanto dari BPBD Kabupaten Brebes. Tanggal 26 April juga merupakan peringatan hari lahirnya Undang-Undang Penanggulangan Bencana No. 24 tahun 2007. Yuuk sukseskan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) tahun 2017. Rabu (26/04/2017).

Tanggal 26 April sebagai Hari Kesiapsiagaan Bencana tersebut bertujuan untuk membudayakan latihan secara terpadu, terencana dan berkesinambungan guna meningkatkan kesadaran, kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat menuju Indonesia Tangguh Bencana. Undang-Undang Penanggulangan Bencana No. 24 tahun 2007 sangat penting karena telah melahirkan berbagai legislasi, kebijakan dan program pemerintah yang mendukung kegiatan mitigasi dan kesiapsiagaan terhadap bencana. Sebagai titik awal perubahan paradigma dan mengubah cara pandang menyikapi bencana yang semula respon menuju paradigma pengurangan risiko bencana.

Adapun susunan pasukan sebagaiberikut 1 SST Pejabat Eselon 2 dan para Kepala Dinas, 1 SST Kodim 0713/Brebes, 1 SST Polres Brebes, 1 SSR Satpol PP Kab. Brebes, 1 SSR Linmas Kabupaten Brebes, 1 SST PNS jajaran Pemkab Brebes, 1 SST BPBD Kab. Brebes, 1 SST Damkar Kab. Brebes, 1 SSR PMI Kab. Brebes.

Dalam sambutan Bupati Brebes yang dibacakan oleh Sekda Kab. Brebes Emastoni Ezam, SH, MH menyampaikan Pada kesempatan ini ia ingin mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada BPBD Kabupaten Brebes atas kesungguhan dan kerja keras dalam pengabdiannya demi kemanusiaan.

Dikatakannya, didalam Undang - undang Nomor 24 tahun 2007 tentang penanggulangan bencana disebutkan bahwa wilayah NKRI memiliki kondisi geografis, geologis, hidrologis dan demografis yang dimungkinkan terjadi bencana. Sekaligus hadirnya kita disini upaya agar untuk menyamakan persepsi dan mengkordinasikan antar OPD terkait dalam penanganan dan penanggulangan bencana alam kabupaten Brebes.

Masyarakat kabupaten Brebes, kata dia, juga harus paham tentang kondisi geografis daerah kita dengan rawan bencana tetapi sesungguhnya penuh dengan sumber daya alam dengan apabila dikelola dengan baik akan mendatangkan kemakmuran, mensejahterakan masyarakat. Pada akhir ini maka upaya penanggulangan alam wilayah Kabupaten Brebes harus dilakukan dengan cara kordinasi dan terencana. Jajaran lintas pemerintah dan lintas sektor sehingga akan terbangun kesamaan langkah dalam penanganan yang terpadu dan konferensip.

Menurutnya, penyelenggaraan apel kesiapsiagaan bencana ini tidak lain merupakan upaya pemerintah Kabupaten Brebes untuk mengefektifkan dan mengoptimalkan serta menyatukan langkah dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana diwilayah Kabupaten Brebes.

Masih kata dia, berbagai kendala dan tantangan yang pada umumnya dihadapi dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan yaitu kurangnya pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang karakteristik bencana dan resikonya, kurangnya kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat, belum adanya perhatian terpadu dan periodik karena kewaspadaan kesiapsiagaan menjadi budaya.

Oleh karena itu, kata dia, empasi dan pelakunya yang akan menghadapi resiko bencana berdasarkan potensi bencana didaerahnya masing-masing. Meningkatkan partisipasi dan membangun budaya gotongroyong, kerelawanan, kedermawaan para pemangku kepentingan baik tingkat pusat maupun tingkat daerah.

Turut hadir dalam acara tersebut Dandim 0713/Brebes yang diwakili Pasiops Kodim 0713/Brebes Kapten Inf Wajirin, Kapolres Brebes yang diwakili Kabag Ren Polres Brebes Kompol Wisnu, Ketua Pengadilan Negeri Brebes Darius Naptali, SH. MH, Kepala perhubungan Kab. Brebes Achmad Satibi, SH, ST, MSi, Kepala BPBD Kab. Brebes Ir. Eko Andalas Muchti, MM, Kabid Pemadam Ghosi.

Kegiatan dilanjutkan dengan simulasi dari Pemadam Kebakaran Kab. Brebes dalam mengatasi bencana kebakaran.(Tris)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman