Babinsa Bersama PPL Dan Poktan Adakan Pertemuan Tentang Pemupukan, Pengendalian Hama Penyakit - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Kamis, 25 Mei 2017

Babinsa Bersama PPL Dan Poktan Adakan Pertemuan Tentang Pemupukan, Pengendalian Hama Penyakit


Bregasnews.com - Petani yang tergabung dalam Kelompok Tani (Poktan) bersama Babinsa Koramil 04/Tanjung Serma Abdul Kholik dan PPL Pertanian, mengadakan pengendalian hama yang akhir-akhir ini banyak memasuki area lahan padi di Desa Sidakaton Kecamatan Tanjung Kabupaten Brebes. Rabu (24/5/2017).

Kegiatan diawali dengan temu tani, membahas pemupukan dan pengendalian hama penyakit serta jenis jenis hama yang sedang berkembang di lingkungan petani padi. Yang bertempat di persawahan lahan demplot Desa Sidakaton.

Dalam pertemuan Babinsa kelompok tani dengan PPL dengan dihadiri Babinsa Sidakaton Serma Abdul Kholik, Kepala Desa Sidakaton beserta perangkatnya, Dinas pertanian kec. Tanjung, PPL Desa Sidakaton Bapak Subroto,  Ketua Gapoktan Desa Sidakaton, Seluruh kelompok tani Desa Sidakaton, Tokoh masyarakat Desa Sidakaton.

Sosialisasi tentang kesuburan tanaman, hama tanaman dan motivasi petani di lapangan. Pengendalian hama dengan cara melakukan penyemprotan tersebut dilakukan sebagai upaya pencegahan agar hama kepinding tanah pada padi yang berumur baru satu bulan tersebut tidak semakin banyak dan berkembang karena hama dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangan tanaman padi nantinya.

Datangnya hama berupa kepinding dan hama lainnya seperti siput, keong mas serta wereng merupakan hal yang lumrah pada saat musim tanam, namun dengan adanya penyuluhan dan sosialisasi yang diadakan oleh PPL yang didampingi Babinsa, permasalahan tersebut akan bisa diatasi dengan upaya penyemprotan, perburuan atau bentuk pencegahan lainnya.

Babinsa Koramil 04/Tanjung Serma Abdul Kholik kami disini untuk membantu dan mencari solusi kendala dan problem  petani yang ada dilapangan. Setelah kendala ditemukan, agar dikordinasikan dengan PPL, kemudian dilakukan tindakan penyelesaian dan kegiatan nyata di lapangan. Serta dalam upaya pencapaian swasembada pangan di wilayah dapat tecapai sesuai harapan jajaran komando atas.

Hasil pelaksanaan pertemuan kelompok tani Desa Sidakaton dengan PPL, melaksanakan prakek langsung kadar asam pada tanah, pengenalan hama dan penyakit tanaman padi.(Tris)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman