Kodim 0713/Brebes Gelar Komsos Dengan Komponen Masyarakat - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Selasa, 16 Mei 2017

Kodim 0713/Brebes Gelar Komsos Dengan Komponen Masyarakat


Bregasnews.com - Kasdim 0713/Brebes Mayor Inf Ustadi Rahmad membuka kegiatan Komsos (Komunikasi Sosial) Dengan Seluruh Komponen Masyarakat Tahun 2017 antara lain para Toga, Tomas, Todat serta para Mahasiswa bertempat di Aula Makokodim 0713/Brebes yang mengambil tema “Melalui Kegiatan Garkomsos Dengan Komponen Masyarakat, Kita Tingkatkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Dan Wawasan Kebangsaan Dalam Rangka Mewujudkan Persatuan Dan Kesatuan Bangsa” (Selasa, 9/5/2017) yang dihadiri 80 orang yang merupakan perwakilan dari masing-masing Kecamatan se-Kab. Brebes (setiap Kecamatan 2 orang perwakilan).
           
Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Dandim 0713/Brebes yang diwakili Kasdim 0713/Brebes Mayor Inf Ustadi Rahmad, Ketua MUI Kab. Brebes yang juga merupakan Ketua FKUB Kab. Brebes Bpk. K.H. Ahmad Said Basalamah, Rektor UMMUS Brebes atau yang mewakili, Para Danramil Jajaran Kodim 0713/Brebes, Para Perwira Staf Kodim 0713/Brebes, 2 orang perwakilian komponen masyarakat dari masing-masing Kecamatan se-Kab. Brebes serta para undangan lainnya.
           
Acara dimulai dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan “ Indonesia Raya “, kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan Dandim 0713/Brebes yang dibacakan oleh Kasdim 0713/Brebes yang antara lain Dandim 0713/Brebes mengucapkan terimakasih serta penghargaan yang tulus kepada segenap komponen masyarakat se-Kab. Brebes karena selama ini telah menjalin komunikasi, koordinasi dan silaturahmi dengan Kodim 0713/Brebes sehingga hubungan emosional dan keteguhan pada komitmen bersama demi kepentingan bangsa dan Negara tetap terpelihara dengan baik.

Dengan terselenggaranya Komsos ini, kata dia, membuktikan bahwa organisasi dari komponen masyarakat se-Kab. Brebes ini masih eksis dan solid keberadaannya, sehingga diharapkan Kodim 0713/Brebes bersama dengan segenap komponen masyarakat ini dapat terus bahu membahu dan bersatu padu dalam menyikapi setiap permasalahan yang berkaitan dengan kepentingan keutuhan wilayah Kab. Brebes, karena Bersama Rakyat TNI Kuat.

Ia yakin bahwa segenap komponen masyarakat Kab. Brebes saat ini yang mungkin menjadi bagian dari salah satu organisasi seperti Ormas, Parpol, LSM, Lembaga Pemerintahan dan lain-lain telah berbuat semaksimal mungkin serta memberi warna kebangsaan, semangat keperjuangan serta semangat persatuan bangsa kepada segenap anggota dalam organisasi masing-masing tersebut.

Ia juga berharap bahwa segenap komponen masyarakat Kab. Brebes turut serta membantu terciptanya iklim yang kondusif di Kab. Brebes dengan menempatkan diri sebagai pejuang penyejuk dangan menetralisir setiap usaha provokasi ataupun isu-isu yang memancing masyarakat bertindak destruktif dengan mengatasnamakan demokrasi dan aspirasi politik,

oleh karena itu, ia mengajak bersama-sama menyamakan visi dan persepsi dalam menghadapi tantangan kebangsaan yang semakin berat dan kompleks kedepannya.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Kasdim 0713/Brebes yang menjelaskan tentang tugas TNI selain perang yang diantaranya TMMD adalah salah satu upaya guna membantu Pemda dalam meningkatkan infrastruktur daerah yang akan meningkatkan kesejahtera masyarakat, infrastuktur ini jugalah nantinya akan dijadikan sebagai Sistem Pertahanan Semesta Kewilayahan dalam rangka mengatasi gangguan keamanan baik dari dalam maupun luar negeri.

Oleh karena itu, kata dia, maka diharapkan Pemda bersinergi dengan TNI (Kodim 0713/Brebes) dalam melaksanakan pembangunan infrastruktur yang baru sehingga nantinya dapat juga dijadikan sebagai sarana dan prasarana bagi TNI dalam mempertahankan wilayah Kab. Brebes jika terjadi gangguan Kamtibmas (dengan infrastuktur yang mendukung tupok TNI maka bantuan pasukan yang akan datang membantu menjadi lebih mudah dan infrastuktur yang dibangun Pemda tersebut dapat dijadikan sebagai system pertahanan kota) demikian Kasdim 0713/Brebes menggambarkan hal tersebut.

TNI, menurut dia, juga bekerjasama dengan Mentan RI dalam meningkatkan kesejahteraan dibidang ekonomi yang salah satunya dengan mengusahakan Program Swasembada Pangan, karena jika ekonomi kuat maka militer Negara itu juga akan kuat. Beliau juga menerangkan tentang apasaja tugas dari Satuan Teritorial serta apasaja yang menjadi tugas dari para Babinsa yang merupakan garda terdepan sistem pertahanan wilayah.

Selanjutnya penyampaian materi Bela Negara yang disampaikan oleh Danramil 16/Larangan Kapten Inf Muhtadi antara lain referensi UUD 1945 pada Pasal 27 Ayat 3 dan Pasal 30 Ayat 1 yang antara lain berbunyi bahwa setiap warga Negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha bela negara serta setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan Negara. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Danramil 12/Bantarkawung Kapten Inf Zaenal yang menyampaikan tentang materi “Bahaya Laten Komunis”.

Sebagai acara penutup dilaksanakan penyerahan cindera mata secara simbolis dari Dandim 0713/Brebes yang diserahkan oleh Kasdim 0713/Brebes kepada 4 orang perwakilan dari komponen masyarakat dilanjutkan menyanyikan Lagu Bagimu Negeri, pembacaan Doa serta sesi foto bersama.(Tris)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman