Kesulitan Gunakan Kartu Tani, Petani Dan LSM di Brebes Lakukan Audensi - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Jumat, 18 Maret 2022

Kesulitan Gunakan Kartu Tani, Petani Dan LSM di Brebes Lakukan Audensi

 

Sejumlah Petani, LSM dan Distributor Pupuk lakukan audensi di kantor Sekda Kabupaten Brebes, Jumat (18/3/2022)

Bregasnews.com - Sejumlah Petani didampingi beberapa tokoh LSM dan perwakilan Distributor pupuk, Himpunan Kelompok Tani Indonesia Kabupaten Brebes melakukan audensi ke kantor Setda kabupaten Brebes dan ditemui oleh Sekda Kabupaten Brebes Djoko Gunawan, Kabid Sarpras Dinas Pertanian Basuki dan BRI Cabang Brebes diruang Sekda Kabupaten Brebes, Jumat (18/3/2022).


Dalam audiensi itu, Eko selaku perwakilan Petani mengeluhkan bagi petani yang tidak memiliki kartu tani merasa kesulitan menggunakan kartu tani, ketika menggesek atau kadang-kadang aktivasi juga mengalami kesulitan serta ketika saldo tidak ada sama sekali hal ini menyebabkan kesulitan dalam mencairkan pupuk bersubsidi. Maka untuk itu  Mereka mengusulkan agar dikembalikan ke manual atau tidak menggunakan kartu tani yang kedua agar pemerintah pusat tidak menghapus subsidi pupuk untuk ZA dan SP36.


" Karena kebutuhan dasar untuk pertanian khususnya petani padi dan bawang merah ketika menggunakan pupuk di pertengahan masa tanam adalah menggunakan ZA dan SP36" ungkap Eko petani asal Desa pakijangan.


Susi Sasmita selaku distributor pupuk asal desa Kluwut, kecamatan Bulakamba, kabupaten Brebes mengatakan karena kesulitan dalam pencairan pupuk subsidi menggunakan kartu tani, baik dari aktivasi gesek mengubah pin dan masalah teknis lainnya.


" Saya memiliki 8 toko pupuk di 8 kabupaten di Jawa Tengah namun yang agak aneh untuk penyaluran pupuk justru di kabupaten Brebes  kalau di tempat lain hanya menggunakan KTP atau SPPT Pajak saja sudah bisa mencairkan pupuk bersubsidi" ucapnya. 


Menjawab mengenai kartu tani, salah satu perwakilan BRI Cabang Brebes menjelaskan untuk kartu tani sudah dicetak pada minggu lalu sebanyak 24000 kartu tani untuk wilayah BRI cabang Brebes.

Djoko Gunawan Sekda Kabupaten Brebes


Sekda Kabupaten Brebes, Djoko Gunawan dalam hal ini mengintruksikan kepada Dinas Pertanian dengan hasil rapat hari ini agar membuat surat penundaan penggunaan kartu tani 100% sampai pada bulan April 2022. (teguh)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman