Pelatihan “Human Factors and Traffic Accident Minimaizing” - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Selasa, 15 Maret 2022

Pelatihan “Human Factors and Traffic Accident Minimaizing”

 


Dasar Pemikiran

Data – data kecelakaan lalu lintas sampai saat ini masih didominasi oleh faktor manusia (human factors). Hal ini juga diperkuat oleh beberapa penelitian yang dilakukan dengan menggunakan analisis distribusi frekuensi dan investigasi menggunakan teori Human Factors and Classifcation System dan Loss Causation Model menunjukan data yang sama. Sebagai contoh dengan mengambil data tahun 2018 dimana sepeda motor menjadi penyumbang kecelakaan lalu lintas tertinggi di Indonesia berdasarkan jenis kendaraan yaitu 56.541 kasus. Penyebab langsung kecelakaan lalu lintas tersebut, adalah mendahului dari arah kiri, menurunkan kecepatan secara tiba-tiba, langsung mengambil jalur kiri ketika berbalik arah, memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi, kondisi jalan licin, dan kondisi jalan gelap. Penyebab dasarnya adalah ketidakmampuan dalam menangani kondisi pekerjaan, ketidakterampilan dalam pekerjaan, dan kondisi lampu kendaraan tidak cukup terang. Akar penyebab dari segi pengawasan, kecelakaan lalu lintas yang terjadi adalah lemahnya pengawasan pada safety riding dan tidak ada pelatihan berkala terkait safety riding. Data – data tersebut merupakan sebuah fakta bahwa banyaknya kecelakaan lalu lintas banyak disebabkan oleh faktor manusia. Dengan demikian mempelajari faktor – faktor manusia yang mempengaruhi keselamatan di jalan menjadi sangat penting.


Untuk itulah diperlukan kerjasama Ditlantas Polri dengan seluruh pihak terkait untuk saling mendukung, meningkatkan, dan mengembangkan program keselamatan berkendara dalam upaya meningkatkan efektifitas edukasi yang dilakukan untuk masyarakat demi terwujudnya keselamatan berkendaraan. Baik dalam perspektif konsultasi dan pertukaran data dan/atau informasi, penelitian, pelatihan, dan pengembangan program keselamatan berkendaraan, riset/survei pasca edukasi yang dilakukan oleh pengemudi, kolaborasi investigasi kecelakaan lalu lintas kendaraan, pengembangan edukasi keselamatan berkendaraan, pengembangan SDM di bidang kendaraan bermotor, program pertukaran SDM di bidang kendaraan bermotor, dan promosi program keselamatan kendaraan bermotor. Terkait dengan hal tersebut, maka Lembaga Pengembangan Profesi dan Teknologi Kepolisian (LP2TK) akan menyelenggarakan pelatihan “Human Factors and Traffic Accident Minimaizing”.


*Tujuan Pelatihan*

Pelatihan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk mencegah dan meminimalsir kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh faktor manusia, seperti human error, human abbuse, dan lain – lain.


*Subjek Pembahasan*

- Insiden dan Kecelakaan Lalu Lintas

- Faktaor – faktor Penyebab Laka Lantas

- Human Performance

- Human Error

- Contributing Factors

- Accident / Incident Minimaizing


*Informasi lebih lanjut hubungi :*

- Bu Nuni : 0813-8330-7997

- Pak Tata : 0815-7897-7777

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman