Pusdiklat PRAWITA GENPPARI Gelar Pelatihan : PENCEGAHAN & MITIGASI BENCANA - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Senin, 12 Desember 2022

Pusdiklat PRAWITA GENPPARI Gelar Pelatihan : PENCEGAHAN & MITIGASI BENCANA

 


Dasar Pemikiran

Akhir – akhir ini beberapa bentuk bencana datang melanda beberapa wilayah di tanah air, baik gempa bumi, banjir, longsor, dan lain - lain. Kejadian ini tentu sangat tidak diharapkan dan membuat keprihatinan, kesedihan dan menimbulkan kerusakan yang tidak sedikit, bahkan terkadang bisa menimbulkan korban jiwa.

Di sisi lain, kalau diamati selama ini kita lebih banyak melakukan kegiatan pasca bencana (post event) berupa emergency response dan recovery dari pada kegiatan sebelum bencana berupa disaster reduction / mitigation dan disaster preparedness. Padahal, apabila kita memiliki sedikit perhatian terhadap kegiatan-kegiatan sebelum bencana, kita dapat mereduksi potensi bahaya/ kerugian (damages) yang mungkin timbul ketika bencana. Kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan sebelum bencana dapat berupa pendidikan peningkatan kesadaran bencana (disaster awareness), latihan penanggulangan bencana (disaster drill), penyiapan teknologi tahan bencana (disaster-proof), membangun sistem sosial yang tanggap bencana, dan perumusan kebijakan-kebijakan penanggulangan bencana (disaster management policies).

Untuk itulah Pusdiklat Prawita GENPPARI merasa terpanggil untuk ikut serta mensosialisasikan berbagai program Pencegahan dan Mitigasi Bencana kepada seluruh masyarakat, agar bisa melakukan pencegahan atau setidaknya meminimalisir kemungkinan terjadinya berbagai dampak yang sangat tidak diharapkan.


Tujuan

Tujuan diadakannya pelatihan ini adalah untuk membantu pemerintah dalam mensosialisasikan program pencegahan dan mitigasi bencana sehingga masyarakat tahu dan bisa melakukan berbagai upaya untuk mencegah atau meminimalisir kemungkinan berbagai dampak negatif dari bencana yang meungkin bisa timbul di lingkungannya.


Subjek Pembahasan

- Manajemen Bencana

- Terminologi Pencegahan dan Mitigasi Bencana

*Banjir

*Tsunami

*Gempa Bumi

*Longsor

*Erupsi Gunung Merapi

*Kekeringan

*Kebakaran / Kabut Asap

- Prinsip-prinsip Pencegahan dan Mitigasi

- Langkah Pencegahan dan Mitigasi Struktural & Non Struktural

- Desa Tangguh Bencana

- Sekolah & Pesantren Siaga Bencana


Informasi Lebih Lanjut Hubungi :

- Pak Tata : 0813-9466-0000

- Bu Ines : 0813-2498-5928

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman