5 Kepala Desa di Kemantren Losari Hulu Hadir Dalam Sosialisasi dan Pembentukan P3A D.I Jengkelok - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Sabtu, 21 Januari 2023

5 Kepala Desa di Kemantren Losari Hulu Hadir Dalam Sosialisasi dan Pembentukan P3A D.I Jengkelok

  


Bregasnews.com - 20.01.2023, TPM & KTPM (Tenaga Pemdamping Masyarakat Dan Kordinator Tenaga Pendamping Masyarakat) Bina Pembangunan Daerah, Kementerian Dalam Negeri mengadakan Sosialisasi dan Pembentukan P3A ( Perkumpulan Petani Pemakai Air ), di desa Karangjunti, Kecamatan Losari, Kabupaten Brebes.


Acara mengundang, Kepala UPT. Malahayu, Mantri Losari Hulu, Kepala BPP/PPL Losari, Kepala Desa Karangjunti, Negla, Dukuhsalam, Kedungneng, Randusari, Pekauman, Kalibuntu, PPA, Para Calon P3A, dan hadir perwakilan dari Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk-Cisanggarung, keseluruhan yang hadir 79 orang, Ucap Pak Dani Ketua Panitia.



Penyampaian Materi di sampaikan oleh, Ir. Muh. Munawir. L, S.T,. M.T, selaku Kordinator Tenaga Pendamping Masyarakat, Daerah Irigasi D.I Jengkelok, Kabupaten Brebes, tentang apa itu P3A, tata cara Pembentukan, Revitalisasi, Legalitas, Kebijakan Terkait Pemberdayaan P3A, Peran P3A, Azaz, Sifat, Tujuan P3A, Hak Dan Kewajiban, Persyaratan Menjadi Pengurus P3A, dan struktur Organisasi P3A.


Acara yang di Moderatori Oleh Bapak Junaedi berlangsung sangat antusias lancar dan hikmat, diskusi para petani serta kepala desa, terkait Jaringan Irigasi di wilayah, D.I Jengkelok, terutama di Wilayah Kemantren Losari Hulu, mengenai  keanggotaan P3A, Ulu-Ulu, Saluran Sekunder dan tersier yang Rusak, normalisasi saluran irigasi dan jadwal pembagian buka tutup Air untuk para petani.


Masalah utama irigasi meliputi pendangkalan waduk, pendangkalan bendung dan kanal, kerusakan saluran akibat lemahnya pemeliharaan, sistem irigasi tidak lagi sesuai dengan tuntutan perubahan iklim, buruknya distribusi dan pengelolaan air, serta perbaikan dan pemeliharaan yang acap kali dijadikan proyek segelintir orang, mudah mudahan dengan sosialisasi ini, memberikan pemahaman dan kebermanfaat untuk kesejahteraan para petani, Ucap Pak Munawir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman