Mengenal Jasa Pengamanan MARITIME SECURITY GUARD PT. RAKATAK 87 - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Jumat, 06 Oktober 2023

Mengenal Jasa Pengamanan MARITIME SECURITY GUARD PT. RAKATAK 87

 


Oleh : Dede Farhan Aulawi (Pemerhati Jasa Keamanan)


Seiring dengan perkembangan dunia usaha dan meningkatnya angka kriminalitas, maka kebutuhan akan jasa pengamanan sangat penting sekali. Baik jasa keamanan di darat maupun jasa keamanan di laut. Bisa untuk pengamanan aset perusahaan, pengamanan orang, maupun pengamanan saat pengiriman barang . Dalam konteks jasa pengamanan ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan, mulai dari legalitas perusahaan, kualifikasi personil, sistem pendidikan dan pelatihan yang berkelanjutan, dan lain – lain guna memastikan pemanfaatan jasa pengamanan ini memberikan manfaat yang maksimal bagi pengamanan perusahaan maupun pengamanan orang.



Di bidang jasa keamanan terdapat Badan Usaha Jasa Pengamanan atau yang dikenal dengan BUJP. BUJP merupakan perusahaan yang berbentuk Perseroan Terbatas (PT) bergerak di bidang jasa keamanan. Peran BUJP ialah sebagai wadah untuk menyediakan, membina, dan mendukung Satuan Pengamanan (Satpam) dalam menjalankan tugasnya menjaga keamanan. Baik keamanan di darat maupun di laut, atau di pesisir pantai. Hal ini sejalan dengan UU No. 17 tahun 2008 tentang Pelayaran yang berkaitan dengan keamanan dan keselamatan pelayaran. Dalam konteks ini pemenuhan semua persyaratan SDM dan sarana prasarana perlu mendapat perhatian lebih guna menjamin terlaksananya tugas secara maksimal.  Salah satu contoh perusahaan terkemuka yang memenuhi berbagaikualifikasi dan persyaratan adalah Maritim Security Guard PT. Rakatak 87 yang merupakan binaan dan di bawah pengawasan purnawirawan Prajurit Pasukan Katak TNI AL.


Maritim Security Guard PT. Rakatak 87 adalah Perusahaan Penyedia Jasa Pengamanan di darat maupun di laut yang didirikan sebagai bentuk respon terhadap kebutuhan dan peluang akan kebutuhan tenaga kerja pengamanan atau security di bidang maritim yang menjadi tuntutan objektif dan konsekuensi logis dari sebuah negara maritim. Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia terdiri dari 17.504 pulau dan memiliki kekayaan alam yang berlimpah. Secara geografis Indonesia terletak diantara Benua Asia dan Benua Australia serta Samudera Hindia dan Samudera Pasifik yang mempunyai arti penting di mata dunia khususnya dalam bidang Keamanan Maritim (Maritime Security).


Indonesia sebagai anggota Dewan International Maritime Organization (IMO) telah meratifikasi konvensi SOLAS. Oleh karena itu implementasi ISPS Code di Indonesia harus dilaksanakan sepenuhnya. Indonesia sudah menandatangani dan meratifikasi ISPS Code melalui Kepres no : 65/1980 tentang ratifikasi SOLAS 1974, kemudian Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM 33/2003 tentang pemberlakuan Amandemen SOLAS 1974 tentang Pengamanan Kapal dan Fasilitas Pelabuhan di wilayah Indonesia (ISPS Code) karena itu Indonesia harus tunduk melaksanakan ketentuan dalam ISPS Code secara konsisten dan konsekuen. 


Maritim Security Guard PT. Rakatak 87 adalah Badan Usaha Jasa Pengamanan Maritim, sebagai Penyedia Jasa Tenaga Pengamanan yang memiliki kemampuan khusus untuk melaksanakan pengamanan di darat dan kemampuan khusus untuk melaksanakan pengamanan di laut. Kemampuan khusus pengamanan maritim yang dimiliki oleh tenaga Security Rakatak 87 didapat melalui pelatihan “Maritim Security Guard Course” yang diselenggarakan oleh PT. Rakatak 87 bekerjasama dengan TNI AL, Bakamla dan Ditjen Perhubungan Laut. Latihan ini dipimpin langsung oleh para pelatih dari purnawirawan prajurit Komando Pasukan Katak TNI AL.


Tenaga Security Maritim Security Guard Rakatak 87 (MSG-R87) disiapkan untuk mampu menjaga Objek pengamanan yang ada di darat dan/atau dipinggir pantai seperti Perhotelan, Industri perkapalan dan Objek wisata laut atau pantai. Kemampuan MSG-R87 dilatih untuk mampu menganalisa dan menindak ancaman kejahatan dari laut serta mampu melaksanakan prosedur pengamanan laut terbatas melakukan patroli laut dengan menggunakan kapal patroli (Speed boat).


Dalam melaksanakan tugas pengaman di lokasi objek pengamanannya yang berada di wilayah daratan maupun di laut, Security MSG -R87 diawasi dan dibina secara langsung oleh para Pembina yang professional dari anggota TNI dan Polri yang masih aktif dan anggota yang sudah purna tugas khususnya para purnawirawan prajurit Komando Pasukan Katak TNI AL. MSG-R87 telah berpengalaman mengelola keamanan di berbagai lokasi dari Perkantoran, Pelabuhan, Pabrik industri maritim, Perhotelan, Pergudangan, Pertambangan, Perumahan Esekutif, Tempat Pendidikan, Tempat Hiburan di seluruh wilayah Indonesia dengan berbagai kondisi serta karakteristik wilayahnya. 


MSG-R87 ini telah mengembangkan sistem keamanan terintegrasi antara perusahaan Keamanan dengan organisasi masyarakat maupun aparat pemerintah untuk membangun sistem keamanan yang tangguh. MSG-R87 siap menjadi mitra untuk penyediaan jasa keamanan terhadap objek pengamanan yang berada di wilayah darat, tepi pantai, laut dan kapal baik yang sedang berlayar maupun berlabuh sesuai dengan kebutuhan dengan profesional dan mandiri. Perusahaan ini dinahkodai oleh Laksma TNI (Purn) Dr. M. Faisal, SE., MM., MCDO yang merupakan seorang Purnawirawan Perwira tinggi TNI AL lulusan AKABRI LAUT tahun 1987. Sejak di awal karirnya Pak Faisal bergabung di Satuan Komando Pasukan Katak pasukan khusus TNI AL yang merupakan satuan elit yang mengemban tugas Strategis Nasional di bidang Maritim. Beliau pernah mengikuti pendidikan lanjutan Clearance Diving School Royal Australian Navy di HMS Penguin Sydney, The Non Lethal Weapon Course di San Diego Amerika, Underwater Assault Rifle Course di Moskow Rusia, dan lain – lain sehingga pengalamannya tersebut bisa diterapkan dalam bidang jasa pengamanan maritim. Begitupun dengan pengalaman para Dewan Direksi lainnya, sehingga PT. Rakatak 87 ini bisa benar – benar dijadikan mitra dalam jasa pengamanan profesional. 


Adapun kemampuan dan kualifikasi yang dimiliki oleh anggota security MSG-R87 berupa :

• Sertifikasi Garda Pratama, Garda Madya dan Garda utama.

• Kemampuan bela diri tanpa senjatata;

• Mahir menggunakan peralatan Borgol dan Tongkat;

• Kemampuan renang;

• Kemampuan selam dasar;

• Kemampuan memberikan pertolongan pertama pada orang tenggelam;

• Kemampuan bernavigasi di laut dan patroli laut terbatas;

• Pengetahuan pengenalan kapal laut dan mampu menggunakan peralatan komunikasi marine band;

• Kemampuan melaksanakan prosedur dan taktik pengamanan di atas kapal;

• Pengamanan lokasi dan kegiatan wisata kelautan.

• Pembuatan Rencana Pengamanan;

• Manajemen pengamanan di laut dan pantai;

• Manajemen Kritis;

• Tehnik dan Manajemen Investigasi;

• Prosedur Evakuasi dan Menghadapi Kebakaran;

• Pengetahuan dan kemampuan mengimplementasi ISPS Code;


Perusahaan Perhotelan dan Resort di pinggir Pantai;

• Perusahaan Industri Perkapalan;

• Perusahaan Galangan Kapal;

• Perusahaan Penyedia Jasa Konstruksi Industri Maritim;

• Pengamanan Kapal Lego Jangkar dan Berlabuh;

• Pengamanan Kapal Berlayar;

• Pengamanan Komplek Perumahan dan Perkantoran


MSG-R87 adalah Private Maritime Security Company yang pertama di Indonesia yang didirikan dan diawaki oleh para tenaga ahli mantan Prajurit Pasukan Katak TNI AL yang telah Purna tugas dan memiliki pengalaman yang tinggi dalam melaksanakan tugas pengamanan di laut dan di pantai di seluruh Indonesia. Untuk mendukung keamanan maritim tingkat strategis tersebut diperlukan satuan pengamanan tingkat tehnis yang dilaksanakan oleh Private Maritime Security Company, Perusahaan Pengamanan Swasta di Bidang Maritim. Perusahaan juga menyediakan Sistem Manajemen Keamanan Maritime yang Komprensif secara paket yang khusus disiapkan agar pengguna jasa dapat tetap berkonsentrasi penuh dalam aktivitas bisnisnya. Termasuk jasa Pelayanan Reaksi Cepat, yaitu pelayanan secara eksklusif kepada para pengguna jasa keamanan dengan menyediakan layanan monitoring keamanan 24 jam dan “Tombol Darurat” untuk kondisi darurat serta Tim Unit Reaksi Cepat MSG-R87 yang akan segera merespon setiap permasalahan keamanan dengan cepat dan tanggap.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman