Pelatihan / Bintek 1 hari : CBRNE Safety and Security Culture Implementation (Implementasi Budaya Keamanan dan Keselamatan CBRNE) - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Kamis, 18 Januari 2024

Pelatihan / Bintek 1 hari : CBRNE Safety and Security Culture Implementation (Implementasi Budaya Keamanan dan Keselamatan CBRNE)



Dasar Pemikiran

Budaya kemananan dan keselamatan pada CBRNE (Chemical, Biological, Radiological, Nuclear and Explosive) adalah kumpulan keyakinan, sikap, pola perilaku individu, dan organisasi yang dapat mendukung prosedur operasi, serta standar etika professional. Dirancang untuk mengamankan CBRNE, mencapai tujuan nonproliferasi, dan mencegah penggunaan tindak kejahatan. Potensi ancaman keamanan bisa dating dari orang dalam ataupun dari orang luar. 


Orang dalam memiliki serangkaian atribut unik, yang memberikan keuntungan untuk melakukan tindakan kejahatan, seperti akses fisik, wewenang untuk melakukan operasi, dan pengetahuan ahli tentang fasilitas. Dengan budaya keamanan maka dapat menciptakan lingkungan kerja yang akan mencegah orang dalam melakukan tindakan jahat, dan membantu mengidentifikasi pelaku tindak kejahatan. Oleh karenanya diperlukan "Fitur khusus” yang meliputi penentuan kepercayaan, mitigasi tekanan kerja, meningkatkan kepatuhan terhadap prosedur, dan memperkuat kewaspadaan.


Lebih jauh, terkait kejahatan siber yang bisa muncul yangberpotensi mengancam keamanan CBRNE. Kejahatan siber ini dapat memfasilitasi pencurian bahan nuklir, atau bahkan menyebabkan pelepasan radiologis yang signifikan. Contohnya dari 23 negara yang memiliki fasilitas nuklir, Indeks Keamanan Nuklir (NSI)-nya relative masih banyak yang belum memiliki fasilitas perlindungan dari serangan siber. Terutama serangan siber terhadap sistem kontrol otomatis berbasis computer yang dapat menyebabkan tumpahan material, tekanan berlebihan, atau ledakan.


*Tujuan*

Pelatihan ini diselenggarakan dengan tujaun untuk memberikan pembekalan singkat terkait pengetahuan dan keterampilan dalam penangganan system CBRNE yang aman dan selamat sehingga menjadi sebuah budaya yang melekat bagi setiap personil yang terkait dengan pekerjaan di dunia CBRNE.


*Subjek Pembahasan*

- Terminologi CBRNE dan Kesadaran CBRNE

- Potensi Ancaman CBRNE dalam Perspektif Pertahanan dan Keamanan Nasional

- Budaya Keamanan dan Keselamatan

- Pengelolaan Ancaman CBRNE

- Membangun Sistem dan Prosedur Keamanan dan Keselamatan

- Membangun Disiplin dan Pemenuhan Kompetensi Keselamatan

- Monitoring Program dan Evaluasi

- Program Perbaikan Berkesinambungan


*Informasi lebih lanjut terkait pelatihan ini dapat menghubungi :*

– Bu Ria : 0813-9555-2289

– Bu Ines : 0813-2498-5928

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman