Pusdiklat PRAWITA GENPPARI Gelar Pelatihan 2 hari : PENGURANGAN RESIKO BENCANA (DISASTER RISK REDUCTION) - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Kamis, 18 Januari 2024

Pusdiklat PRAWITA GENPPARI Gelar Pelatihan 2 hari : PENGURANGAN RESIKO BENCANA (DISASTER RISK REDUCTION)



Dasar Pemikiran

Indonesia merupakan Negara yang sangat rawan bencana, baik bencana alam, non alam dan bencana social (akibat ulah manusia). Berbagai jenis kejadian bencana hampir dapat dipastikan menimbulkan krisis kesehatan seperti korban jiwa, luka-luka, pengungsi dan terganggunya masalah kesehatan, ketersediaan air bersih, sanitasi, kesehatan lingkungan, gizi, kesehatan jiwa, lumpuhnya pelayanan kesehatan. Hal ini membutuhkan penanganan serius dan menyeluruh dari berbagai sector, bahkan terkadang butuh bantuan luar negeri jika skala bencananya cukup besar.


Sesuai kesepakatan global/ Sendey Frame Work for Action bahwa pengurangan risiko bencana menjadi proiritas, sehingga paradigma pra bencana menjadi urusan utama dalam pembangunan. Dalam upaya mengurangi dampak yang ditimbulkan akibat kejadian bencana, maka perlu ditingkatkan upaya pengurangan risiko bencana salah satunya dengan cara peningkatan kapasitas petugas terkait. Oleh karena itu perlu dilakukan pelatihan pengurangan risiko bencana sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan perkembangan kesepakatan global terkini, khususnya dalam bidang pengurangan risiko bencana.


*Tujuan*

Pelatihan atau pembinaan teknis peningkatan kemampuan dalam pengurangan resiko bencana ini dilaksanakan dengan tujuan untuk membekali seluruh peserta dengan pengetahuan dan keterampilan teknis di lapangan dalam hal pengurangan resiko – resiko yang ditimbulkan akibat terjadinya suatu bencana di suatu wilayah.


*Subjek Pembahasan*

- Sistem Nasional Penanggulangan Bencana

-  Pengurangan Risiko Bencana

- Sistem Komando Pengendali Lapangan

- Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu

- Koordinasi Klaster Kesehatan

- Kesiapan Petugas di Daerah Bencana

- Manajemen Pengungsi

- Penanggulangan dan Surveilans Penyakit Saat Bencana

- Manajemen Gizi Darurat

- Penanggulangan Masalah Kesehatan Jiwa Akibat Bencana

- Penanganan Kualitas Air Bersih dan Sanitasi Saat Bencana

- Kesehatan Reproduksi Saat Bencana

- Kesiapsiagaan Pandemik

- Komunikasi Risiko Bencana


*Informasi lebih lanjut terkait pelatihan ini dapat menghubungi :*

– Bu Ria : 0813-9555-2289

– Bu Ines : 0813-2498-5928

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman