5 Milyar Lebih Di Gelontorkan Guna Pembangunan Sabuk Pengaman Pantai - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Sabtu, 10 September 2016

5 Milyar Lebih Di Gelontorkan Guna Pembangunan Sabuk Pengaman Pantai


Bregasnews.com - Kabupaten Brebes selain memiliki wilayah pertanian yang luas, juga memiliki pesisir pantai sepanjang wilayah utara Kabupaten Brebes, guna pemeratakan pembangunaan di segala bidang, Kementrian Kelautan dan Perikanan, melalui Direktorat Pendayagunaan Pesisir ,bangun sabuk pengaman pantai di Desa Sawojajar Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes.

Pembangunan sabuk pengaman pantai yang menelan anggaran 8,5 milyar lebih, di rencanakan selesai pada akhir tahun 2016, selain di fungsikan untuk untuk memecah ombak juga untuk mengamankan tambak petani yang ada di Desa Sawojajar Wanasari Brebes.

Sebelumnya 800 Ha tambak milik petani di wilayah setempat hilang akibat proses abrasi tergerus ombak pantai utara, hal itu di ungkapkan oleh Taryumi (52) petani tambak desa setempat, ’’sebelumnya ada 800 Ha tambak petani hilang di gerus ombak, dengan adanya pembangunan sabuk pengaman pantai kami berharap dan optimis mata pencaharian para petani tambak bisa terlindungi dan mudah mudahan bisa menghidupi keluarga kami” terang Taryumi

“Kami dan petani tambak lainnya merasa sangat berterimakasih kepada Pemerintah yang telah memperhatikan kehidupan kami para petani tambak “. Lanjutnya.

Sementara Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Brebes, Tandi,APi.MM. menjelaskan, “Kabupaten Brebes memiliki sepanjang pesisir pantai di wilayah utara, dari seluruh wilayah pesisir utara Brebes mayoritas pendudukanya bermatapencaharian sebagai nelayan dan petani tambak, maka guna memaksimalkan pengelolaan laut, khususnya pesisir pantai utara Brebes, dan juga untuk lebih mensejahterakan penduduk wilayah pesisir, melalui anggaran kementerian pusat telah di bangun sabuk pengaman pantai di Desa Sawojajar Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes.” beber Tandi.

Sabuk pengaman pantai di maksudkan guna mengamankan sabuk hijau hutan mangrove sekaligus melindungi  tambak petani dari sedimentasi  lumpur air laut,” dengan adanya pengaman pantai, petani tambak dapat mengatur masuk keluarnya air laut ke dalam tambak yang selama ini menjadi keluhan para petani tambak” lanjutnya.

Tandi berharap pembangunan tersebut bisa di manfaatkan dan di jaga sebaik baiknya oleh petani tambak dan masyarakat itu sendiri serta mampu meningkatkan kesejahteraan  masyarakat di wilayah sekitar dan kabupaten Brebes umumnya.(Roni)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman