20 Warga Desa Karumpa Kepulauan Selayar Sulawesi Selatan, Terserang Virus Penyakit Muntaber - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Senin, 31 Oktober 2016

20 Warga Desa Karumpa Kepulauan Selayar Sulawesi Selatan, Terserang Virus Penyakit Muntaber

Bregasnews.com (Sulawesi Selatan) - Virus penyakit muntaber menyerang warga Desa Karumpa, Kecamatan Pasilambena Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan, menurut sumber dari warga desa disana itu terjadi ditengah kekosongan tenaga petugas kesehatan yang pergi meninggalkan Desa Karumpa menuju ibukota Benteng, Kabupaten Kepulauan Selayar.
Update informasi terbaru dari Kecamatan Pasilambena menyebutkan, kasus  muntaber sudah menyerang kurang lebih 20 orang warga masyarakat Desa Karumpa. Hingga hari ini (31/10/2016), penyebab pasti, penyebaran virus muntaber di desa Karumpa pun belum diketahui. Pasalnya, penyebaran penyakit muntaber di daerah kepulauan biasanya baru terjadi saat musim mangga tiba.
Meski belum teridentifikasi penyebab pastinya. Namun setidaknya, pertolongan pertama telah dilakukan oleh seorang alumni salah satu sekolah Akademi Kebidanan Makassar yang kebetulan baru menyelesaikan studi di bangku kuliah. Pertolongan pertama dilakukan dengan menggunakan stok obat pribadi miliknya yang diberikan kepada penderita penyakit muntaber.
Sayang sekali, karena upaya pertolongan tidak bisa terus dilakukan oleh yang bersangkutan. Terlebih lagi, setelah stok obat miliknya habis terpakai. Sementara pustu Desa Karumpa dalam keadaan tertutup dan terkunci rapat ditinggal pergi oleh tuannya. 
Sebagai bentuk langkah antisipasi dan penanganan dini terhadap penyebaran virus muntaber, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Selayar, dr. Husaini, M. Kes, yang menerima laporan kejadian, langsung menginstruksikan tim Puskesmas Pasilambena untuk berangkat ke Desa Karumpa dan menindaklanjuti informasi kejadian kasus muntaber.
           Penegasan tersebut disampaikan dr. Husaini via telefon selular pada hari, Senin (31/10) siang. Personil puskesmas kecamatan Pasilambena sudah saya perintahkan untuk berangkat dan melakukan penanganan dini terhadap laporan kejadian kasus muntaber," pungkas kepala dinas kesehatan yang merangkap sebagai Direktur RSUD KH. Haiyung Benteng itu.(Tim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman