Pmi, Ubaloka dan Gallawi Rescue Gelar Latihan Bersama Water Rescue - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Senin, 31 Oktober 2016

Pmi, Ubaloka dan Gallawi Rescue Gelar Latihan Bersama Water Rescue


Bregasnews.com (Slawi) - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tegal, Unit Bantu Pertolongan Pramuka (Ubaloka) Kwarcab Tegal dan Gallawi Rescue menggelar latihan bersama Water Rescue, Minggu 30 Oktober 2016 di Pantai Larangan Kecamatan Kramat. Kegiatan latihan bersama diikuti sebanyak 30 peserta dari unsur PMI, Galawi Rescue dan Ubaloka. 

Ketua Galawi Rescue Kabupaten Tegal, Djuliono, S.Sos mengatakan, tujuan Pelatihan Water Rescue adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan Potensi SAR Kabupaten Tegal dalam penanganan orang tenggelam di air. 

“Musibah orang tenggelam yang pernah terjadi belum lama ini adalah di Sungai Gung Pegirikan, Embung Kramat dan danau beko karangdawa kecamatan Margasari. Dalam lima hari lima nyawa melayang,” ujarnya.

Menurut Djuliono yang juga Sekretaris Kwarcab Pramuka itu, Potensi SAR Kabupaten Tegal perlu mendapatkan pengetahuan Water Rescue yang mendalam, mengingat musibah orang tenggelam sering terjadi akhir-akhir ini. 

“Diharapkan pengetahuan Water Rescue dapat diterapkan dilapangan sehingga penanganan pencarian dan penyelamatan orang tenggelam di air dapat cepat ditangani,”katanya. 

Djuliono menambahkan, latihan bersama Water Rescue melibatkan empat pelatih dari Galawi Rescue. Materi yang diberikan tentang pengetahuan Dasar Water Rescue. 

“Materi Water Rescue yang disampaikan baru sebatas materi dasar yaitu pengendalian dan pengoperasian LCR atau perahu karet. Pada pertemuan selanjutnya akan diberikan materi pedoman keselamatan di air, teknik pertolongan di air dan metode pertolongan di air,”imbuhnya. 

Koordinator Relawan PMI Kab. Tegal, M. Ramdon mengatakan, kegiatan latihan bersama Water Rescue sangat bermanfaat bagi potensi SAR di Kabupaten Tegal terutama bagi Tim Relawan baik PMI, Ubaloka maupun lainnya. Terlebih, bagi relawan yang baru.

“Kegiatan latihan bersama ini diharapkan bisa ditingkatkan dan dipertahankan dalam rangka meningkatkan pelayanan masyarakat serta mempermudah koordinasi sesama potensi SAR guna meningkatkan kinerja dalam melayani masyarakat yang membutuhkan jasa SAR,” ungkapnya.(Tris)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman