Tujuan Program Kerjasama Dengan BUMN, Rini Sumarno: Memberikan Kesejahteraan Petani Dari Hulu Sampai Dengan Hilir - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Selasa, 08 November 2016

Tujuan Program Kerjasama Dengan BUMN, Rini Sumarno: Memberikan Kesejahteraan Petani Dari Hulu Sampai Dengan Hilir

Kunker Menteri BUMN RI Di Kampung Bawang Merah Desa Jagalempeni

Bregasnews.com (Wanasari) - Kunjungan kerja Menteri BUMN RI Ibu Rini Sumarno dalam rangka pertemuan dengan penerima kartu tani sinergi kampung bawang merah, di ikuti sekitar 100 orang yang bertempat di Kantor Balai Desa Jagalempeni  Kecamatan Wanasari Kab. Brebes. Selasa 08 Nopember 2016.        

Turut Hadir dalam kegiatan Menteri BUMN Republik Indonesia Ibu Rini Sumarno, Deputi agrobisini Kementerian BUMN Wahyu Kuncoro, Direktur utama Bulog Jarot, Kepala Bulog Prop Jateng Imam Subowo, Plt Bupati Brebes Drs Budi Wibowo, MSi, Sekda Brebes H. Emastoni Ezam, SH. MH, Asisten 2 Setda Brebes Muhammad Ikbal, Kadin Pertanian Kab Brebes Ir Budhiarso, Camat Wanasari Kab. Brebes Nuridin, SH, Danramil 03/Wanasari Kapten Arh Nediono, Kapolsek Wanasari Brebes AKP Wagito SH, Para Gapoktan Desa Jagalempeni Kec. Wanasari Kab. Brebes.

Dalam Sambutan Plt  Bupati Drs Brebes Budi Wibowo, Msi menyampaikan Di Kabupaten Brebes mayoritas para petani bawang dengan lahan pertanian bawang merah antara 25 s.d 40 ribu Hektar  dengan panen Raya bulan juni sd agustus dan panen biasa bulan Desember. Masyarakat petani di Kab Brebes  biasa menanan Padi sekitar bulan Januari s.d Mei  pasca Panen biasa bawang merah. Kehadiran BUMDes dari hilir sampai hulu  diharapkan keberadannya dalam penyerapan hasil pertanian ke Bulog. 
  
Sementara, menurut Kepala Bulog Propinsi Jateng Imam Subowo mengatakan beberapa Permasalahan Petani Bawang merah diantaranya Harga produksi dan konsumsi, Permodalan, Kepastian Pasar. 

Kementerian pertanian, lanjut Imam sudah beberapa kali mengadakan penyuluhan dan Bulog sudah membeli hasil pertanian tersebut. Sinergitas BUMN ini  dalam rangka meningkatkan kesejahteran Petani dalam menyalurkan hasil para petani bawang merah. Di Desa Jagalempeni sudah terbentuk BUMDes, keberadaan BUMDes diharapkan menjadi lumbung pangan di Desa.    

           
Dalam kesempatan tersebut, Menteri BUMN RI Rini Sumarno dalam penyampaiannya mengatakan Program ini sebagai  tindaklanjut dari  Kunker Presiden RI di Kab. Brebes maka bentuk realisasinya telah disinergikan BUMN untuk kesejahteraan petani di Kab. Brebes.
 
Adapun tujuan dalam program kerjasama dengan BUMN, menurut Rini Sumarno adalah Memberikan kesejahteraan Petani dari hulu sampai dengan hilir. Program~program untuk mempermudah pelayanan para petani dalam mendapatkan Bibit, modal dan obat pertanian dengan Harga yang murah atau sesuai dengan pasar. 
 
Kata Rini, masyarakat petani harus dapat memanfaatkan keberadaan BUMDes agar  hasil pertanian dijual di BUMDes kemudian ke Bulog sebagai akselerasi kerjasama demi meningkatkan kesejahteraan dan kemudahan para petani.(Tris)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman